prinsip-pengolahan-sampah

4 Prinsip Pengelolaan Sampah (4R)

Apa saja prinsip pengelolaan sampah yang bisa kita praktikkan? Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan terkait hal tersebut supaya kamu lebih mudah memahaminya.

Dalam menjaga dan memelihara lingkungan, terutama dalam hal pengolahan sampah dan limbah yang kita hasilkan sehari-hari, dikenal prinsip-prinsip yang disebut dengan 4R, dan terkadang juga 3R. Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam4R tersebut? berikut ini penjelasannya:

Reduce

Reduce atau yang di dalam bahasa Indonesia memiliki makna ‘mengurangi’,  yang berarti prinsip untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan oleh diri kita sehari-hari.

Contoh paling mudah adalah dengan mengurangi penggunaan kantung plastik, yang apabila dimulai dari diri sendiri dan setiap orang melakukan hal tersebut, maka akan sangat bisa membantu mengurangi limbah plastik yang dihasilkan, yang selama ini selalu menjadi kendala dikarenakan bahan plastik tidak bisa terurai.

Reuse

Reuse atau ‘Memakai Kembali’ merupakan salah satu prinsip 4R di mana setiap individu mengusahakan untuk menggunakan barang-barang yang bisa digunakan kembali meskipun telah menjadi sampah, atau mencari kegunaan baru dari sampah yang kita hasilkan.

Misalnya bekas kaleng susu kental manis bisa digunakan kembali sebagai pot mungil atau tempat untuk menaruh alat tulis, ember plastik yang rusak tapi tidak parah bisa digunakan kembali sebagai pot bunga, dan lain sebagainya.

Recycle

Recycle atau mendaur-ulang adalah mengolah sampah-sampah yang kita hasilkan sehingga bisa diubah menjadi barang yang memiliki kegunaan berbeda ataupun sama.

Contohnya adalah daur-ulang kertas yang juga merupakan salah satu sampah yang banyak dihasilkan sehari-hari, sehingga bisa diolah kembali menjadi kertas baru.

Replace

Replace atau mengganti adalah mengganti barang-barang yang kita gunakan saat ini dengan barang-barang yang materialnya lebih ramah lingkungan dan mudah untuk di daur-ulang.

Misalnya mengganti kantong sampah plastik dengan karung goni, atau mengganti plasik belanja dengan tas belanja yang ramah linhkungan.

Keempat prinsip tersebut bisa kamu coba lakukan secara bertahap dan berurutan, yang diharapkan akan dapat membantu mengurangi limbah sampah yang sulit untuk diurai oleh alam, sehingga lingkungan yang kita tinggali bisa lebih terjaga kebersihannya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top