Alternatif Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Alternatif Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Berikut ini adalah Alternatif Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Dari daftar kekhawatiran orang tentang kulit mereka, flek hitam cenderung sering muncul. Dan masalahnya, bintik hitam atau masalah pigmentasi datang dalam berbagai bentuk: hiperpigmentasi pasca inflamasi dari bekas luka dan jerawat, bintik matahari, bintik penuaan, dan melasma. Jika hal ini terjadi, sebagian besar akan mencari produk yang “mencerahkan”, seperti serum, masker, atau krim. Di dalam produk pencerah ini, Anda akan menemukan beberapa kandungan yang umum, seperti vitamin C, asam laktat, dan lain sebagainya. Masing-masing bahan aktif ini memiliki cara unik untuk menargetkan pigmen yang tidak rata, mulai dari pengelupasan kulit hingga menetralkan peradangan.

Salah satu bahan alami yang mungkin Anda temui adalah arbutin. Arbutin pada dasarnya adalah varian alami dari hidrokuinon yang kontroversial. Yang terakhir ini kontroversial karena beberapa alasan, seperti masalah sensitivitas, iritasi, dan kontaminasi yang parah. Tapi yang paling menonjol: Ini telah digunakan dan dipasarkan sebagai “pencerah kulit” selama bertahun-tahun. Sekarang, merumuskan produk untuk membantu orang memudarkan bintik-bintik hitam yang tidak diinginkan itu satu hal, tapi itu melewati batas ketika Anda menyiratkan warna kulit perlu diringankan secara umum.

Karena itu, dan untuk beberapa alasan yang akan kita bahas nanti, banyak yang telah beralih ke arbutin, versi yang lebih aman, alami, tidak menimbulkan iritasi, dan lembut untuk saat Anda perlu merawat bintik hitam.

“Arbutin adalah senyawa alami di daun berbagai tanaman berbeda, termasuk pohon pir dan tanaman bearberry, yang cegah pembentukan melanin,” kata ahli kulit bersertifikat Keira Barr, MD, mencatat bahwa produksi melanin berlebih di daerah tertentu inilah yang membentuk bintik hitam dan bercak melasma. “Ini berfungsi sebagai penghambat tirosinase untuk memberikan efek mencerahkan kulit. Ini terjadi karena ketika kulit Anda dan sel-sel ini bersentuhan dengan sinar UV, enzim tirosinase diaktifkan dan arbutin memblokirnya.”

BACA JUGA:  3 Cara Mengatasi Jerawat di Muka dan Tubuh yang Efektif

Pada dasarnya, ia bekerja dengan menghentikan pembentukan bintik-bintik hitam; tidak seperti eksfoliator, yang mengelupas pigmen tingkat permukaan, atau antioksidan lain, yang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menghasilkan penampilan yang lebih cerah secara keseluruhan. Meskipun begitu, Arbutin bukan satu-satunya zat aditif lain yang lakukan ini; bahan serupa termasuk akar licorice dan asam kojic.

Arbutin adalah bahan perawatan kulit yang banyak digunakan, meskipun sering dipasangkan dengan bahan lain untuk meningkatkan kemanjuran produk secara keseluruhan, karena dengan sendirinya arbutin adalah pencerah yang cukup ringan. Jadi ketika Anda melihatnya di daftar bahan atau di label, Anda dapat mengetahui bahwa ini adalah fungsi utamanya:

1. Memudarkan dan Menghambat Bintik-bintik Matahari dan Penuaan

Tidak peduli namanya; bintik usia, bintik matahari, bintik hitam, semuanya adalah produk sampingan dari terlalu banyak kerusakan akibat sinar UV, baik langsung maupun kumulatif. Mereka juga dapat memengaruhi orang-orang dari semua warna kulit. “Dengan menghalangi produksi tirosinase, dapat mengurangi tingkat penggelapan kulit setelah terpapar sinar matahari dan membantu meratakan warna kulit dan menawarkan efek pencerahan,” kata Barr.

2. Cenderung Mengalami Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi

Penyebab umum flek hitam lainnya adalah efek residu dari jerawat dan peradangan lainnya. Ini dapat meninggalkan bintik-bintik merah muda, merah, dan coklat menjengkelkan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bertahun-tahun untuk memudar lama setelah noda aslinya hilang. “Karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, selain bermanfaat untuk mengatasi pigmentasi, arbutin telah terbukti efektif untuk hiperpigmentasi pasca-inflamasi,” kata Barr. Karena itu, banyak dermatologis merekomendasikan supaya pasien mereka yang rentan berjerawat menggunakannya sebagai pencegahan: “Ini juga digunakan sebagai pencegahan untuk menghentikan kulit dari penggelapan. Misalnya, mengoleskannya ke jerawat atau cedera segera setelah peradangan diketahui akan membantu mengurangi kemungkinan meninggalkan titik gelap,” kata Fenton.

BACA JUGA:  3 Tips Memilih Lipstik Pink Sesuai dengan Jenis Warna Kulit

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Arbutin memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan, menjadikannya aset untuk melawan jerawat, karena menenangkan kulit sekaligus menargetkan bakteri jahat yang potensial.

Bagaimana cara menggunakannya:

“Ini harus digunakan di area pigmen di mana seseorang mencoba untuk mencerahkan kulit atau cegah penggelapan,” kata dokter kulit bersertifikat Jeremy Fenton, M.D., dari Schweiger Dermatology Group di NYC. Jadi, Anda dapat menggunakannya sebagai pengoreksi noda (seperti pada kasus jerawat), di area di mana Anda rentan terhadap bintik matahari, atau bahkan cukup lembut untuk digunakan di mana-mana.

Ini juga cukup lembut untuk digunakan setiap hari, dua kali sehari. Meskipun begitu, masukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda sebaik mungkin. Arbutin umumnya ditoleransi oleh kebanyakan orang, mengingat betapa lembutnya itu. Meskipun begitu, selalu disarankan supaya Anda lakukan uji tempel terlebih dahulu, lalu pantau kulit Anda selama penggunaan dan hentikan jika Anda melihat ada masalah.

“Ini memiliki profil keamanan yang baik karena tidak ada interaksi negatif yang diketahui dengan bahan perawatan kulit lainnya. Ia juga dikenal tidak terlalu mengiritasi dan lebih lembut pada kulit dibandingkan bahan pencerah kulit lainnya, jadi ini bisa jadi pilihan yang baik bagi mereka yang kulit sensitif,” kata Barr. “Meskipun demikian, meskipun adalah alternatif yang lebih aman untuk hidrokuinon, ini tidak seefektif, jadi untuk mendapatkan hasil terbaik, perlu digunakan dua kali sehari dan paling baik digunakan bersama dengan bahan pencerah kulit lainnya seperti vitamin C, asam alfa-hidroksi dan retinol topikal.”

Jika Anda ingin memudarkan bintik hitam, pertimbangkan arbutin. Bahan alami adalah alternatif yang lebih aman untuk hidrokuinon, cukup dapat ditoleransi untuk sebagian besar orang, dan cocok dengan bahan lainnya.

Scroll to Top