9 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Malam Anak Lebih Baik

9 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Malam Anak Lebih Baik

Berikut ini adalah 9 Makanan yang Dapat Membantu Tidur Malam Anak Lebih Baik yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Antara kegelisahan dan keluhan bahwa anak Anda “tidak lelah”, membuat anak tidur bisa jadi sebuah tantangan. Namun mendapatkan tidur yang berkualitas adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan anak-anak untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Faktanya, American Academy of Pediatrics melaporkan bahwa kurang tidur secara teratur dapat menyebabkan iritabilitas, kesulitan berkonsentrasi, hipertensi, obesitas, sakit kepala, dan depresi. 

Sebaliknya, anak-anak yang cukup tidur memiliki sistem kekebalan yang lebih sehat, dan kinerja sekolah, perilaku, daya ingat, dan kesehatan mental yang lebih baik. Intinya, tidur yang nyenyak dapat memberikan keajaiban bagi anak-anak Anda. Sehubungan dengan tip klasik penunjang tidur seperti menghindari layar sebelum tidur dan menjaga supaya kamar tetap sejuk, makan makanan yang tepat dapat memberikan si kecil dorongan tidur yang mereka butuhkan. 

Meskipun makanan ini tidak akan jadi peluru ajaib yang diharapkan setiap orang tua, memasukkannya ke dalam makanan anak Anda tentu tidak akan merugikan apa pun. Tentu saja, jika Anda mencurigai adanya gangguan tidur yang sebenarnya, Anda harus membicarakannya dengan dokter anak keluarga Anda.

Berikut sembilan makanan yang dapat membantu anak Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak.

1. Telur

Tidak hanya telur yang mengandung protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting, tapi favorit sarapan itu adalah sumber alami triptofan, asam amino yang berperan dalam menciptakan serotonin, bahan kimia yang membantu mengatur siklus tidur. Meskipun hasilnya didasarkan pada subjek dewasa, data yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan perbaikan dalam tidur setelah 19 hari mengonsumsi hidrolisat protein putih telur yang kaya triptofan dibandingkan mereka yang tidak makan putih telur.

BACA JUGA:  3 Tips WFH untuk Orangtua dengan Anak SFH

2. Kiwi

Makan dua kiwi sebelum tidur mungkin adalah tiket untuk tidur lebih nyenyak. Meskipun dipelajari pada orang dewasa dan bukan anak-anak, data yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan dua kiwi satu cara sebelum tidur menghasilkan 42% lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak makan kiwi sebelum tidur.

3. Susu

Segelas susu hangat adalah obat tidur klasik, dan untuk alasan yang bagus. Pertama, menyeruput susu bisa jadi ritual yang nyaman dan menyenangkan. Kedua, susu secara alami mengandung triptofan, asam amino yang diperlukan untuk produksi serotonin dan melatonin – dua senyawa utama yang membantu anak-anak rileks dan memiliki siklus tidur-bangun yang teratur. Anda tidak perlu menghangatkan susu untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, sebagian orang menemukan bahwa minum minuman hangat dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh.

4. Kurma

Jika anak Anda mendambakan sesuatu yang manis, kurma bisa jadi solusi yang tepat untuk memuaskan keinginan itu dan mendukung tidurnya. Buah-buahan ini mengandung dua nutrisi utama yang berperan dalam tidur – vitamin B6 dan kalium. Menikmati kurma dengan glisemik rendah daripada permen super manis juga dapat membantu cegah lonjakan gula darah, yang membuat Anda lebih sulit tidur.

5. Seafood

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan nutrisi seperti vitamin D dan lemak sehat. Konsumsi ikan terbukti berdampak positif pada kualitas tidur di antara populasi tertentu. Efek positif ini mungkin sebagian disebabkan oleh kandungan vitamin D pada ikan. Membuat anak Anda makan makanan dengan banyak variasi dan itu termasuk ikan dan makanan laut dapat mengurangi risiko kualitas tidur yang buruk. Dari taco ikan hingga udang panggang, pilihan makanan laut tidak terbatas.

BACA JUGA:  Jangan Suka Meledek Anak Kecil Tentang Pacaran

6. Kenari

Kacang kenari adalah sumber yang kaya akan hormon melatonin, yang dikenal berperan besar dalam pengaturan tidur. Menggabungkan manfaat hormonal melatonin dengan manfaat mengenyangkan dari lemak sehat, serat, dan protein nabati yang ditawarkan kacang ini menjadikan kacang ini pilihan yang sangat baik untuk camilan sebelum tidur. Cara mudah untuk memasukkan kenari ke dalam makanan anak, terutama jika mereka tidak siap secara perkembangan untuk menikmati kacang utuh ini, adalah dengan memasukkan mentega kenari pada camilan dan sandwich.

7. Buncis

Juga dikenal sebagai kacang garbanzo, buncis kaya akan asam amino triptofan yang adalah kunci untuk memproduksi melatonin, hormon yang berperan dalam siklus tidur-bangun. Kacang arab juga kaya vitamin B6, nutrisi yang penting untuk produksi serotonin. Serotonin juga adalah kunci dalam mendukung tidur. Alih-alih mengemil keripik kentang, tawarkan anak-anak Anda beberapa camilan kacang panggang, dan pertahankan supaya Anda bisa tidur nyenyak nanti.

8. Pisang

Pisang adalah makanan penunjang tidur yang luar biasa karena kandungan triptofan dan magnesiumnya. Data menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan gangguan tidur. Sumber magnesium lainnya termasuk almond, bayam, dan edamame, untuk berjaga-jaga jika anak Anda bukan pencinta pisang.

9. Ayam

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa triptofan, asam amino yang membuat kalkun terkenal, juga ditemukan dalam ayam. Asam amino ini adalah prekursor serotonin dan dikaitkan dengan tidur yang sehat. Jadi menikmati stik drum di malam hari dapat membantu mendukung malam yang nyenyak.

Scroll to Top