7 Tips Sederhana untuk Menghindari Penuaan Dini

7 Tips Sederhana untuk Menghindari Penuaan Dini

Berikut ini adalah 7 Tips Sederhana untuk Menghindari Penuaan Dini yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Ada orang yang awet muda. Karena di umurnya yang telah tua, wajah dan kondisinya tampak lebih muda. Namun ada juga orang yang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Bahkan, ada kasus dimana seseorang tampak jauh lebih tua di umurnya yang relatif masih muda. Orang menyebutnya sebagai kasus penuaan dini. 

Berikut ini tips sederhana supaya seseorang bisa nampak segar meskipun telah berumur atau minimal terhindar dari penuaan dini.

1. Minum Banyak Air Putih

Semakin tua, kulit seseorang akan semakin kering karena tidak lagi sanggup menghasilkan minyak sebanyak sebelumnya. Minum air putih minimal 2,5 liter per hari bisa menghindari hidrasi pada kulit, sehingga kulit nampak cerah, lembap, dan sehat. Air putih juga bagus difungsikan untuk membuang racun-racun dalam tubuh (detoxifikasi).

2. Tidur Cukup

Kulit di sekitar area mata rentan mengalami penuaan dini karena lebih tipis dan lembut. Untuk itu, cukupkan waktu tidur. Sering lembur begadang dengan beban kerja yang berlebihan hingga stress juga bisa jadi penyebab terbentuknya kantong mata. Jadi, demi kesehatan juga, pastikan istirahat yang cukup serta jangan lupa refreshing.

3. Rajin Membersihkan Kulit

Bersihkan kulit wajah terutama selepas bepergian atau setelah menggunakan riasan wajah yang berlebih. Lakukan secara pelahan dan lembut. Hindari mengusap wajah terlalu keras karena jutru akan membuat kulit jadi iritasi, tampak kusam, dan tampak tua.

4. Makan Sayur dan Buah Segar

Sayur dan buah-buahan adalah sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Untuk kesehatan kulit, konsumsi banyak sayur dan buah-buahan segar yang mengandung banyak antioksidan, seperti buah beri, brokoli dan paprika. Bisa juga mengonsumsi teh hijau. Dan, hindari makanan olahan serta junk food.

BACA JUGA:  Melawan Penuaan Dini Pakai Masker Alami dari Cokelat

5. Hindari Alkohol dan Narkoba 

Alkohol dan narkoba adalah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini. Maka hindari sejauh-jauhnya. Merokok berlebihan juga kurang bagus. Maka pelan-pelan mulai mengurangi.

6. Detoksifikasi Alami

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi air lemon yang telah dicampur madu. Kebiasaan itu akan membuat kulit lebih cerah dan racun-racun tubuh terbuang. Selain itu, hindari konsumsi kafein secara berlebih.

7. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur bisa membantu memperlancar aliran darah yang berfungsi memberikan asupan nutrisi dan oksigen pada sel-sel dalam tubuh. Selain itu, baik juga untuk pembentukan sel-sel kulit baru. Lakukan olahraga seperti renang, senam, dan jogging untuk membuat tubuh segar.

Tips di atas adalah sekedar upaya untuk cegah terjadinya penuaan dini. Karena, bisa jadi, penuaan dini juga bisa adalah cermin dan akibat dari gaya hidup kurang sehat.
 

Scroll to Top