6 Buah Untuk Mengatasi Diare pada Anak

6 Buah Untuk Mengatasi Diare pada Anak

Berikut ini adalah 6 Buah Ini Ternyata Bisa Mengatasi Diare pada Anak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Diare akibat virus bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika disebabkan karena bakteri membutuhkan pengobatan dengan antibiotik. Sedangkan jika disebabkan parasit maka dibutuhkan obat anti-parasit.

Dan diare ringan pada anak dapat diatasi dengan perawatan di rumah. Ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala diare pada anak, yakni:

1. Kelapa

Diare bisa menyebabkan dehidrasi yang dapat berdampak buruk pada si kecil. Untuk mengatasinya, Bunda bisa memberikannya air kelapa karena memiliki banyak garam, mineral dan glukosa alami.

2. Pisang

Pisang dapat diberikan pada anak di atas usia 6 bulan karena bisa membantu mengeraskan kotoran anak, sehingga dapat meredakan diare, Bunda. Bunda cukup memotong-motong pisang dan kukus sebelum diberikan pada si kecil.

3. Lemon

Lemon jadi pengobatan rumahan yang mudah, dipercaya dapat meredakan iritasi pada usus dan bisa membunuh patogen penyebab diare. Bunda bisa memeras satu buah lemon, campur dengan segelas air, tambahkan sejumput garam atau gula, lalu berikan ke anak.

Untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, hindari untuk menambahkan gula atau garam ya, Bunda.

4. Apel

Apel yang mengandung pektin ini bisa diolah jadi selai atau pure untuk jadi makanan pengikat yang sangat baik untuk memadatkan kotoran. Secara ideal, mengonsumsinya dapat mengatasi diare.

5. Jambu biji

Jambu biji adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Oleh karena itu, makan lebih banyak buah ini dapat bantu pergerakan usus yang sehat dan cegah sembelit.

BACA JUGA:  3 Tips Menyiapkan Hari Pertama Sekolah Anak TK

Di samping itu, ekstrak daun jambu biji juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan karena bersifat antimikroba. Mengutip Healthline, studi menunjukkan bahwa jambu biji bisa mengurangi intensitas, durasi diare dan menetralkan mikroba berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare.

6. Delima

Jika anak telah punya gigi dan bisa mengunyah dengan baik, Bunda bisa memberikan biji delima atau bisa dengan mengekstrak jus delima dan mengencerkan dengan air secukupnya. Memberikannya pada anak sekali sehari bisa membantu mengurangi diare pada bayi berusia 6 bulan hingga 5 tahun.

Namun jika diare anak tak kunjung sembuh atau mengalami kondisi seperti di bawah ini, maka Bunda harus membawanya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Scroll to Top