5 Obat Mencret Alami untuk Anak yang Bisa Ditemukan di Rumah

5 Obat Mencret Alami untuk Anak yang Bisa Ditemukan di Rumah

Berikut ini adalah Obat Mencret Alami untuk Anak yang Bisa Ditemukan di Rumah yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Mencret pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Dilansir Parenting Firstcry, anak-anak di bawah usia dua tahun seringkali terserang rotavirus yang menyebabkan diare. Kemudian, anak mencret juga bisa dikarenakan alergi terhadap susu, telur, atau kacang tanah.

Segala jenis antibiotik dapat membunuh bakteri baik dalam perut jadi salah satu penyebabnya. Umumnya jika anak tinggal di lingkungan yang tidak bersih, apalagi mereka masih senang memasukkan mainan ke dalam mulut, bisa jadi itu menyebabkan mencret

“Aspek paling penting dalam mengobati diare adalah mengetahui tanda-tanda dehidrasi dan mengambil langkah-langkah untuk rehidrasi anak,” ungkap Benjamin Ortiz, MD, seorang dokter anak di Kantor Pediatric Therapeutics dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, dikutip dari laman fda.gov.

Anda bisa mencoba obat rumahan yang alami sebagai penangan pertama. Ada beberapa minuman dan makanan yang bisa dijadikan obat mencret anak untuk diberikan di rumah. 

1. Air putih dan oralit

Cairan ini bisa dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dilansir Medical News Today, cara membuat oralit yaitu dengan mencampurkan 1 liter air dengan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula.

2. Makanan kaya akan pektin dan kalium

Ketika sedang mencret Berikan makanan dalam porsi yang sedikit. Pilih makanan kaya pektin, seperti buah-buahan, makanan tinggi kalium, seperti kentang, ubi jalar, pisang. Kemudian berikan makanan yang mengandung elektrolit, seperti sup miso.

3. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Mereka dapat mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi. Probiotik adalah bakteri hidup dan ragi yang ada dalam beberapa yogurt dan makanan fermentasi lainnya. 

BACA JUGA:  Jangan Suka Meledek Anak Kecil Tentang Pacaran

4. Makanan kaya akan pati

Jika si kecil telah bisa makan padat, Anda dapat memilih makanan yang kaya akan pati seperti kentang dan sereal beras. Kentang memiliki kandungan pati yang melimpah, untuk membantu bayi pulih dari mencret dengan cepat.

5. ASI

Jika Anda menyusui anak, jangan berhenti memberikannya ketika mereka mencret. ASI adalah obat rumahan yang pasti untuk diare pada si kecil. ASI membantu mempercepat pemulihan bayi karena kandungan antibodinya yang tinggi. 

Scroll to Top