4 Langkah Memakai Skincare Malam untuk Hilangkan Bekas Jerawat

4 Langkah Memakai Skincare Malam untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Berikut ini adalah 4 Langkah Skincare Malam untuk Hilangkan Bekas Jerawat yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Produk skincare dikatakan bekerja dengan baik ketika dapat mengatasi masalah kelebihan minyak wajah, membersihkan pori-pori wajah, serta membantu penyembuhan bekas jerawat yang meradang.

Tak jarang bekas jerawat menimbulkan noda kehitaman yang dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi setelah jerawat. Noda yang menetap kerap membuat individu jadi tak percaya diri.

Maka itu, untuk menuntaskan bekas jerawat yang membandel, yuk coba skincare malam di bawah ini secara rutin.

1. Bersihkan makeup

Setelah seharian beraktivitas, wajah bersentuhan begitu lama dengan makeup. Belum lagi ada debu yang menempel di wajah. Saatnya kulit wajah Anda beristirahat sejenak.

Membersihkan makeup dengan cleanser adalah langkah pertama penerapan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

Gunakan kain lembut untuk membersihkan keseluruhan wajah. Jangan lupa pada area rahang dan leher, serta di belakang telinga. Hindari tekanan yang berlebihan saat membersihkan wajah, supaya bekas jerawat tak kembali meradang. 

2. Cuci wajah

Setelah membersihkan makeup, skincare selanjutnya untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencuci wajah. Rutinitas sederhana ini memberikan manfaat optimal untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 

Penelitian dari Pediatric Dermatology mengungkapkan, rutinitas mencuci wajah berpengaruh signifikan terhadap kesehatan kulit wajah. Studi ini dipantau selama 6 minggu. 

Cucilah wajah secara lembut. Jangan gunakan sabun batang, tapi pilih facial wash dengan kandungan asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, atau enzim dari buah-buahan.

Saat membersihkan wajah, gunakan air suam-suam kuku, sehingga bekas jerawat bisa terhindar dari iritasi. Penggunaan air hangat dalam membilas wajah bisa memicu iritasi.

BACA JUGA:  3 Tips Hilangkan Wajah Bopeng Bekas Jerawat

3. Gunakan toner

Mungkin saja sebagian orang melewatkan rutinitas ini. Mengaplikasikan toner adalah salah satu skincare routine malam untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. 

Toner dapat membantu mengurangi sisa-sisa minyak atau sebum. Karena fungsinya tersebut, toner sanggup membantu menghilangkan komedo dan kemerahan. Anda bisa memilih toner yang melembabkan jika sedang menggunakan obat-obatan untuk jerawat supaya kulit tidak kering.

Gunakan kapas untuk mengaplikasikan toner, lalu usapkan pada keseluruhan area wajah. Terutama pada area T-zone yang sering mengeluarkan banyak minyak.

4. Aplikasikan gel penghilang bekas jerawat

Tutup rangkaian skincare malam dengan gel penghilang bekas jerawat. Anda bisa mengaplikasikan gel penghilang bekas jerawat setiap malam hari hingga noda tersamarkan. Pilih gel dengan kandungan niacinamide untuk menghilangkan bekas jerawat.

Niacinamide dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada bekas jerawat. Komponen yang tergolong sebagai vitamin B3 ini dapat memberikan proteksi dengan cegah pertumbuhan jerawat pada area bekas jerawat. Selain itu, niacinamide membantu menjaga kelembapan kulit.

Selain niacinamide, kandungan allium cepa dan mucopolysaccharide dapat membantu memperbaiki ketidakrataan kulit akibat bekas jerawat. Pilih juga kandungan pionin yang sanggup menuntaskan bakteri penyebab jerawat.
 

Scroll to Top