4 Cara Menghilangkan Dahak pada Anak Secara Alami

4 Cara Menghilangkan Dahak pada Anak Secara Alami

Berikut ini adalah Cara Menghilangkan Dahak pada Anak Secara Alami yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dahak anak dengan cara yang mudah dan memakai bahan-bahan yang ada di rumah Anda.

Berikut cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda lakukan:

1. Berikan madu

Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya madu punya banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah untuk menghilangkan dahak. Bahkan para ahli menyatakan bila madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak ketimbang dengan dekongestan (obat penghilang dahak).

Semakin gelap warna madunya, maka semakin banyak antioksidan di dalamnya dan dapat semakin efektif untuk menyembuhkan gejala yang dirasakan si anak.

Berikan anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan Anak. Anda dapat memberikan anak madu sebanyak empat sampai lima kali per hari dengan dosis yang dihitung berdasarkan berat badan anak saat itu.

Walau begitu, apabila anak Anda masih di bawah 2 tahun, sebaiknya jangan berikan madu dan segera periksakan ke dokter.

2. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk. Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat Anda andalkan.

Selain bisa menghilangkan dahak pada anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi. Coba berikan anak Anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut.

3. Minum jus lemon

Meskipun rasanya yang asam, jus lemon ampuh untuk menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan si anak. Tidak perlu memberikan jus lemon terlalu banyak pada anak, cukup satu sendok teh per tiga jam sekali.

BACA JUGA:  Kemampuan Super Yang Dapat Dimiliki Orangtua Yang Memiliki 2 Anak

Pastikan anak Anda minum air putih yang cukup setelah mengonsumsi jus lemon, sebab jus lemon dapat mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.  

4. Mandi dengan air hangat

Salah satu cara untuk membantu menghilangkan dahak pada anak yaitu dengan memandikan anak dengan air yang hangat. Hal ini dapatmembantu melegakan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk.

Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan seperti, melancarkan aliran darah, membersihkan kuman penyakit lebih ampuh, dan meringankan gejala pilek.
 

Scroll to Top