3 Cara Menenangkan Anak Yang Cemas Berlebihan

3 Cara Menenangkan Anak Yang Cemas Berlebihan

Berikut ini adalah 3 Cara Untuk Menenangkan Anak Yang Cemas Berlebihan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Rasa cemas sangat umum terjadi pada setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Kecemasan biasanya muncul pada anak-anak -pada saat berusia tiga atau empat tahun.  

Menurut John Walker, seorang profesor psikologi kesehatan klinis di University of Manitoba, meskipun sebagian besar anak-anak tidak pernah mendapatkan diagnosis, 1 dari 10 anak mengalami jenis kecemasan yang dapat mengganggu kehidupannya. 

Tetapi ilmu psikologi memiliki beberapa strategi yang dapat Anda gunakan di rumah untuk membantu anak-anak yang cemas:

1. Perkenalkan ‘Rasa Cemas’

Menurut Susan MacKenzie, psikolog dan kepala medis Layanan Anak, Remaja dan Keluarga di Pusat Ketergantungan dan Kesehatan Mental di Toronto, kecemasan adalah kondisi emosi yang normal dan sesuatu yang harus Anda bicarakan dengan anak-anak. 

Kecemasan bukanlah suatu masalah; hanya ketika kecemasan yang dibarengi oleh rasa takut berlebihan baru akan menimbulkan masalah. Anak-anak sendiri mungkin tidak mengerti mengenai perasaan ketakutan yang mereka rasakan.

Sebagai orangtua, Anda harus membantu anak Anda belajar mengidentifikasi perasaan cemas yang dirasakannya; dengan memberitahu soal kecemasan itu sendiri, bantu anak Anda mengenali perasaan tersebut, dan beritahu anak Anda bahwa mereka bukan satu-satunya yang mengalaminya.

2. Hadapi Ketakutan Selangkah Demi Selangkah

Walker mengatakan menghadapi ketakutan adalah cara paling ampuh untuk mengatasi kecemasan apa pun, dan hal tersebut tidak seseram seperti kedengarannya. Hal yang membuat kegelisahan terus berlanjut, lebih dari segalanya, adalah karena menghindari perasaan tersebut. 

Apakah anak Anda takut pada anjing atau khawatir membaca keras-keras di sekolah, kemungkinan ia mencoba menghindari hal-hal itu dengan cara apa pun. Masalahnya, jika Anda menghindari sesuatu karena kecemasan, Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk belajar cara mengatasinya.

BACA JUGA:  5 Tips Menumbuhkan Kebiasaan Makan Sehat Kepada Anak

Memecahnya jadi langkah-langkah kecil dapat membantu membuat menghadapi ketakutan lebih mudah; lakukan hal secara bertahap cara-cara untuk membantu anak Anda menghadapi kecemasannya. Latihan adalah kunci untuk membantu anak-anak mempelajari keterampilan untuk mengatasi situasi yang membuat mereka cemas.

3. Berlatih Teknik Relaksasi

Ajarkan teknik relaksasi, seperti pernapasan, pada anak Anda untuk menggunakannya ketika anak Anda merasa cemas. Teknik ini berguna untuk meredam kecemasan karena pada dasarnya ketika merasa cemas, detak jantung cenderung meningkat, dan pernapasan Anda akan jadi lebih dangkal. Pernapasan dangkal itu berarti lebih sedikit oksigen yang masuk ke otot dan otak, yang meningkatkan kepanikan atau rasa cemas. 

Dengan teknik relaksasi, menarik napas dalam-dalam, maka akan memperlambat detak jantung, sehingga merasa lebih tenang secara fisik.

Scroll to Top