3 Cara Agar Bibir Tidak Terbakar Matahari

3 Cara Agar Bibir Tidak Terbakar Matahari

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara agar bibir tidak terbakar matahari agar kamu bisa lebih memahami dan menerapkannya pada diri sendiri.

Lapisan kulit bibir kita tipis dan termasuk bagian wajah yang paling mudah terpapar sinar matahari langsung. Bibir yang terbakar matahari akan terasa sangat sakit, bahkan juga meningkatkan peluang terkena kanker kulit.

Ingin menjaga bibir tetap sehat dan warnanya cerah, yuk lindungi dengan berbagai cara berikut:

1. Hindari sinar matahari langsung di waktu tertentu

Jika Anda berencana pergi ke luar rumah, hindari waktu di antara pukul 10 pagi hingga 4 sore kecuali memang mendesak.

Sinar matahari di waktu ini paling terik dan kuat yang bisa merugikan kulit. Apalagi jika tidak dilindungi oleh tabir surya atau pakaian tertutup.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin gunakan masker penutup hidung untuk melindungi bibir dari sengatan matahari langsung yang bisa merusaknya.

Debra M. Langlois, M.D., asisten dosen kedokteran anak di University of Michigan,jugamenyarankan untuk memakai topi dengan tepian yang lebar atau payung demi mencegah supaya bibir tidak terbakar matahari.

2. Pakai tabir surya

Tabir surya bukan hanya ditujukan untuk melindungi kulit wajah dan tubuh saja. Termasuk juga bibir agar tidak terbakar matahari.

Menurut Adena Rosenblatt, M.D., Ph.D., dokter kulit anak di Amerika Serikat, gunakan krim tabir surya ber-SPF minimal 30 yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Tabir surya ini membantu menangkal paparan sinar matahari yang berbahaya terserap ke kulit bibir.

BACA JUGA:  Cara Mengidentifikasi dan Membersihkan Saluran Susu yang Tersumbat

Selain tabir surya, Anda juga bisa menambah perlindungan bibir dengan menggunakan lipstik atau lip balm yang mengandung SPF. Caranya oleskan dulu tabir suryanya dan tunggu sampai kering, baru oleskan lipstik atau lipbalm tersebut.

Memakai tabir surya tidak cukup sekali untuk mencegah bibir terbakar matahari. Tabir surya atau sunblock perlu dioleskan berulang kali minimal setiap 2 jam sekali karena mudah luntur.

3. Oles petroleum jelly

Petroleum jelly tidak bisa menangkal radiasi sinar matahari. Namun, jangan lewatkan pemakaian petroleum jelly untuk membantu mencegah bibir terbakar matahari. Produk ini membantu menjaga bibir tetap lembap sehingga tidak mudah kering meski terus terpapar sinar matahari dan angin.

Para pakar merekomendasikan mengoleskan petroleum jelly pada bibir setidaknya 30 menit sebelum keluar rumah. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskannya kembali sepanjang hari terutama setelah makan atau minum

Scroll to Top