Apa itu 4G LTE ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 4G lte ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

4G LTE adalah standard teknologi komunikasi yang memiliki arti harfiah Long term evolution alias Evolusi jangka panjang, yang merupakan penyempurnaan dari teknologi 4G yang sudah ada sebelumnya.

Dulu, untuk jangka waktu yang lama, ketika ponsel Anda menampilkan simbol “4G” di sudut kanan atas, itu tidak benar-benar berarti kecepatan data sudah mencapai standar minimum yang ditetapkan oleh ITU-R (International Communications Union – Radiocommunication) alias Asosiasi Komunikasi Internasional.

Hal itu dikarenakan ketika ITU-R menetapkan standar kecepatan minimum untuk 4G pada 2008, yaitu sebesar 100 Mbps (megabit per detik) untuk perangkat mobile dan 1 Gbps (1 Gigabit per detik) untuk perangkat pemancar, banyak perusahaan telekomunikasi yang belum mampu untuk memenuhinya.

Beberapa waktu setelahnya, yaitu sekitar tahun 2009, banyak perusahaan yang mengajukan teknologi komunikasi baru yang dinamakan LTE, yang sudah mengalami peningkatan dari teknologi 4G sebelumnya, meskipun masih belum dapat mencapai standar.

LTE sendiri sering disebut sebagai teknologi 3,95G dikarenakan ketidakmampuannya dalam memenuhi standar 4G yang ditetapkan ITU-R, namun dikarenakan banyak perusahaan yang sudah memasarkan teknologi tersebut sebagai 4G LTE dan membawa embel-embel 4G, akhirnya ITU-R menyetujui untuk memasukkan LTE ke dalam teknologi komunikasi generasi ke 4 (4G).

Apa itu 5G ? Definisi dan Penjelasannya

LTE-Advanced

Tidak lama setelahnya teknologi LTE kembali disempurnakan dan dipasarkan dengan nama LTE Advanced (LTE-A) yang memiliki kecepatan yang lebih mumpuni dengan MIMO (Multiple Input Multiple Output) yang lebih besar.

Perbandingan kecepatan antara teknologi LTE dengan LTE-A cukup signifikan, di mana LTE sebelumnya hampir mampu mencapai kecepatan download sebesar 100 Mbps dan upload sebesar 50 Mbps, namun LTE-A generasi awal mampu mencapai kecepatan download sebesar 300 Mbps dan upload sebesar 50-75 Mbps.

LTE-Advanced Pro

Pengembangan selanjutnya dari LTE-Advanced adalah LTE-Advanced Pro (LTE-A Pro) yang juga dikenal dengan nama 4,5G, 4,9G, dan teknologi pra-5G yang mampu menghadirkan kecepatan download antara 600 Mbps hingga 1Gbps dan kecepatan upload hingga 150 Mbps.

Di dalamnya sudah disematkan beberapa teknologi yang nantinya akan dibawa juga pada teknologi 5G, seperti 256-QAM (Quadrature Amplitude Modulation), MIMO yang jauh lebih besar lagi, LTE-Unlicensed, dan LTE-IoT yang akan membawa teknologi komunikasi nirkabel ke arah yang lebih baik dan lebih cepat.

skema-4g-lte
Skema 4G LTE sumber: 3gpp.org

admin

Read Previous

Apa itu 4G ? Definisi dan Penjelasannya

Read Next

Apa itu 4K ? Definisi dan Penjelasannya

One Comment

  • […] pengembangan teknologi yang dilakukan seperti MobileWimax dan 4G LTE juga masih belum mampu untuk memenuhi standar tersebut sehingga banyak pula yang menyebut kedua […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: