Site icon Asaljeplak.my.id

Kapan Anak Berhenti Tumbuh?

Kapan Anak Berhenti Tumbuh?

Kapan Anak Berhenti Tumbuh?

Berikut ini adalah Kapan Mereka Berhenti Bertumbuh dan Pertumbuhan Lainnya yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Anak perempuan biasanya berhenti tumbuh dan mencapai tinggi dewasa pada usia 14 atau 15 tahun, atau beberapa tahun setelah menstruasi dimulai. Anak perempuan biasanya mengalami lonjakan pertumbuhan dalam satu hingga dua tahun sebelum menstruasi dimulai. Bagi kebanyakan anak perempuan, pubertas terjadi antara usia 8 dan 13 tahun dan percepatan pertumbuhan terjadi antara usia 10 dan 14 tahun. Mereka tumbuh hanya 1 hingga 2 inci tambahan dalam satu atau dua tahun setelah mendapatkan menstruasi pertama mereka. Ini adalah saat mereka mencapai tinggi dewasa.

Kebanyakan gadis mencapai tinggi dewasa mereka pada usia 14 atau 15. Usia ini bisa lebih muda tergantung pada kapan seorang gadis pertama kali menstruasi. Anda mungkin ingin menghubungi dokter anak Anda jika putri Anda berusia 15 tahun dan belum menstruasi. Perkembangan payudara seringkali adalah tanda pertama pubertas. Payudara mungkin mulai berkembang 2 hingga 2 1/2 tahun sebelum seorang gadis mendapatkan menstruasi.

Beberapa gadis mungkin memperhatikan kuncup payudara hanya setahun setelah menstruasi pertama mereka. Orang lain mungkin tidak mulai mengembangkan payudara selama tiga hingga empat tahun setelah mulai menstruasi. Tunas mungkin tidak muncul pada saat bersamaan, tapi biasanya muncul dalam waktu enam bulan satu sama lain. Payudara umumnya berhenti tumbuh ketika pubertas selesai, sekitar satu hingga dua tahun setelah seorang gadis mendapatkan menstruasi pertamanya. Meskipun begitu, bukan hal yang aneh jika payudara terus tumbuh sedikit dan berubah bentuk atau kontur hingga usia 18 tahun. Sangat umum juga untuk memiliki satu payudara dengan ukuran yang berbeda dari yang lain.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), rata-rata, atau rata-rata, tinggi badan yang disesuaikan dengan usia untuk wanita dewasa berusia 20 tahun ke atas adalah 63,7 inci. Itu hanya di bawah 5 kaki 4 inci atau sekitar 162 cm. Informasi berikut ini berasal dari bagan CDC:

Usia (tahun) tinggi persentil ke-50 untuk anak perempuan (dalam sentimeter)
–  8 tahun: 127,5 cm
–  9 tahun: 133 cm
– 10 tahun: 138 cm
– 11 tahun: 144 cm
– 12 tahun: 151 cm
– 13 tahun: 157 cm
– 14 tahun: 160,5 cm
– 15 tahun: 162 cm
– 16 tahun: 162,5 cm
– 17 tahun: 163 cm
– 18 tahun: 163 cm

Tinggi badan Anda banyak berkaitan dengan tinggi atau pendeknya orangtua Anda. Pola pertumbuhan cenderung berjalan dalam keluarga. Saat melihat pertumbuhan anak, dokter anak sering bertanya pada orangtua tentang tinggi badan mereka sendiri, riwayat tinggi badan keluarga, dan pola pertumbuhan.

Ada beberapa cara berbeda untuk memprediksi seberapa tinggi seorang gadis bisa tumbuh. Salah satu metode ini disebut metode mid-parental. Untuk menggunakan metode ini, tambahkan tinggi badan ibu dan ayah dalam inci, lalu bagi dengan dua. Kemudian, kurangi 2 1/2 inci dari angka tersebut. Untuk menentukan prediksi tinggi badan untuk anak laki-laki, tambahkan 2 1/2 inci ke angka tersebut.

Misalnya, jika seorang anak perempuan memiliki seorang ayah dengan tinggi 72 inci dan seorang ibu yang memiliki tinggi 66 inci, perkiraan tinggi untuk anak perempuan tersebut akan ditemukan dengan perhitungan berikut:

72 + 66 = 138
138/2 = 69
69 – 2,5 = 66,5

Jadi prediksi tinggi untuk gadis tersebut adalah 66,5 inci atau 5 kaki 6,5 inci atau sekitar 168 cm. Meskipun begitu, angka ini hanyalah perkiraan kasar. Anda mungkin melihat margin kesalahan hingga 4 inci di kedua arah. Secara umum, semakin tinggi orangtua, semakin tinggi pula anak, dan sebaliknya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mulai dari malnutrisi hingga pengobatan. Beberapa gadis mungkin mengalami keterlambatan pertumbuhan karena kondisi kesehatan tertentu, seperti masalah hormon pertumbuhan, artritis parah, atau kanker. Kondisi genetik juga berperan. Misalnya, anak perempuan dengan sindrom Down, sindrom Noonan, atau sindrom Turner mungkin lebih pendek dari anggota keluarga mereka. Anak perempuan dengan sindrom Marfan mungkin tumbuh lebih tinggi daripada anggota keluarganya.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang pertumbuhan anak Anda, hubungi dokter anak mereka. Begitu seorang gadis mencapai pubertas, pertumbuhan biasanya akan berhenti beberapa tahun setelah menstruasi pertamanya. Seorang remaja yang mengalami penundaan pertumbuhan akan memiliki lebih sedikit waktu untuk tumbuh sebelum akhir percepatannya.

Exit mobile version