Berikut ini akan kami berikan tugas dan tanggung jawab Accounts Receivable Specialist supaya kamu semakin memahami tentang posisi atau jabatan tersebut.
Saat kita akan melamar pekerjaan, tentunya kita akan menemui beragam lowongan untuk berbagai posisi atau jabatan, yang terkadang istilahnya membingungkan, atau deskripsi, lingkup, tugas, dan tanggung jawab pekerjaannya masih belum kita pahami.
Salah satunya adalah untuk posisi atau jabatan Accounts Receivable Specialist yang akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini.
Agar dapat mempermudah dalam memahami hal itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tugas dam tanggung jawab Accounts Receivable Specialist mulai dari penjelasan tentang jabatan itu secara umum, hingga beberapa contoh tugas yang biasa dilakukan pada posisi atau jabatan tersebut.
Deskripsi Pekerjaan Accounts Receivable Specialist
Accounts Receivable Specialist bertanggung jawab untuk mengumpulkan pembayaran untuk perusahaan menggunakan keterampilan dalam manajemen proyek, organisasi dan komunikasi untuk mengumpulkan pembayaran dari klien dan pelanggan. Accounts Receivable Specialist melacak pembayaran, melakukan setoran perbankan, dan menjalankan laporan yang mendokumentasikan keuntungan dan kerugian untuk suatu organisasi.
Tugas dan Tanggung Jawab Accounts Receivable Specialist
Accounts Receivable Specialist mengelola pembayaran masuk, melacaknya dengan benar ke dalam sistem untuk memelihara catatan pembukuan yang akurat. Accounts Receivable Specialist memiliki tanggung jawab sebagai berikut:
- Memelihara database pembukuan dan spreadsheet, memperbarui informasi sesuai kebutuhan
- Berkomunikasi dengan klien dan pelanggan sebelumnya untuk meminta pembayaran dan mengatur rencana pembayaran
- Mengumpulkan pembayaran dari pelanggan dan catat secara akurat ke dalam sistem
- Buat laporan dan neraca yang mendokumentasikan keuntungan dan kerugian secara keseluruhan
- Memperbarui akun klien berdasarkan pembayaran atau informasi kontak