Site icon Asaljeplak.my.id

Fakta atau Mitos: Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Pisang

Fakta atau Mitos: Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Pisang

Fakta atau Mitos: Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Pisang

Berikut ini adalah Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Pisang, Benar Gak Ya? yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa buah pisang terlalu manis atau terlalu tinggi kandungan gulanya. Apalagi, pisang juga memiliki kadar karbohidrat yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Lantas, apa benar bahwa pisang tidak boleh diberikan untuk penderita diabetes?

Kandungan karbohidrat pada pisang akan diubah jadi glukosa di dalam pencernaan. Dengan bantuan insulin, glukosa tersebut akan menyediakan energi untuk beraktivitas. Sayangnya, penderita diabetes punya gangguan hormon insulin. Akibatnya, glukosa kesulitan diubah jadi energi dan jadi tinggi kadarnya di dalam darah.

Pada satu buah pisang biasanya terkandung sekitar 30 gram karbohidrat. Jumlah ini setara dengan kandungan karbohidrat pada 2 lembar roti. Jadi, apakah pisang termasuk makanan pantangan untuk penderita diabetes? Sebetulnya, pisang boleh saja dijadikan buah untuk diabetes, baik untuk penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Namun, jika mau makan pisang, seorang penderita diabetes harus sanggup menakar jumlah karbohidrat total yang dikonsumsinya. Jika disajikan sarapan satu dua lembar roti tawar dan satu buah pisang, Anda bisa makan pisang dan sandwich secara bersamaan. Namun, jangan menghabiskan semuanya sekaligus.

Anggaplah konsumsi karbohidrat harian Anda hanya 45 gram. Anda bisa makan 2 lembar roti tawar yang mengandung 30 gram karbohidrat dan 15 gram dari setengah potong buah pisang. Ketentuan ini berlaku sebaliknya, satu buah pisang utuh dengan setengah potong sandwich.

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan dan mengizinkan penderita diabetes makan pisang asalkan takaran dan kandungan karbohidrat tidak berlebih. Ukuran penyajian yang disarankan untuk penderita diabetes makan pisang adalah satu pisang ukuran kecil yang mana panjangnya tidak lebih dari 15 cm.

Pisang dengan ukuran tersebut saja telah mengandung 19 gram karbohidrat, yang juga adalah ⅓ takaran asupan karbohidrat yang harus penderita diabetes patuhi.

Kesimpulannya, penderita diabetes boleh saja mengonsumsi pisang asalkan porsinya disesuaikan dengan asupan karbohidrat harian. Pengolahannya pun perlu diperhatikan sehingga Anda tidak kehilangan manfaat terbaik dari nutrisi yang terkandung dalam pisang.
 

Exit mobile version