apa-itu-sales-promotion

Apa itu Sales Promotion ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Sales Promotion? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Bisa jadi kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Sales Promotion dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara detail mengenai Sales Promotion supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa Itu Sales Promotion

Sales Promotion adalah bahasa Inggris dari “promosi penjualan’,yang merupakan salah satu strategi pemasaran di mana bisnis akan menggunakan kampanye jangka pendek untuk memicu minat dan menciptakan permintaan untuk produk, layanan, atau penawaran lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Sales Promotion/Promosi Penjualan

Beberapa manfaat menjalankan promosi penjualan antara lain:

  • Menciptakan loyalitas dan antusiasme untuk merek bisnis/usaha Anda
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan
  • Mendapatkan wawasan berharga tentang perilaku pelanggan dan sensitivitas harga
  • Menggunakan promosi penjualan secara strategis membantu mendukung berbagai minat bisnis dan membuat audiens yang ada tetap terlibat dengan penawaran Anda.

Kelemahan dari promosi penjualan adalah bahwa beberapa bisnis bisa dirugikan karena menjadi terlalu bergantung pada strategi ini dalam upaya untuk meningkatkan penjualan.

Akibatnya, mereka memasuki siklus pemasaran jangka pendek yang genting dan kesulitan untuk merencanakan tujuan dan pertumbuhan jangka panjang.

Jika sales promotion atau promosi penjualan dilakukan terlalu sering, maka konsumen akan memiliki pandangan bahwa harga yang layak dari produk atau jasa Anda adalah harga promo tersebut, yang kemudian akan menyebabkan:

  1. Devaluasi merek bisnis/usaha
  2. Lebih sulit menjual pada harga normal, karena konsumen terbiasa membeli pada harga promo
BACA JUGA:  Apa itu 3R ? Definisi dan Penjelasannya

Fungsi dan Kegunaan Sales Promotion

Promosi penjualan dapat memiliki banyak tujuan dan hasil yang ideal.

Utamanya, promosi penjualan digunakan untuk memotivasi perilaku pembelian atau memicu peningkatan pembelian dalam jangka pendek, untuk mencapai tolok ukur atau tujuan.

Meskipun tujuan langsung dari promosi penjualan adalah peningkatan penjualan, ada banyak manfaat lain untuk membangun teknik promosi penjualan yang strategis dengan tim pemasaran.

Metode dan Jenis Sales Promotion

Terlepas dari jenis bisnis atau industri yang dijalankan/dimasuki, ada berbagai contoh dan teknik promosi penjualan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan penjualan Anda. Beberapa ide promosi penjualan yang hebat meliputi:

Kompetisi dan hadiah

Kompetisi pelanggan dapat berupa mendapatkan keterlibatan paling banyak pada pos media sosial yang menandai merek Anda, atau tantangan media sosial yang memasukkan mereka dalam hadiah. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menciptakan buzz di sekitar bisnis Anda dan memberi penghargaan kepada pelanggan karena telah menjadi pendukung setia dan promotor merek Anda.

Flash sale atau pengurangan harga dalam waktu terbatas

Flash sale adalah promosi penjualan yang menawarkan diskon, promosi, atau rabat yang hanya berlaku dalam waktu singkat, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Penjualan kilat bekerja dengan baik untuk menciptakan rasa urgensi, yang dapat membantu mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Meskipun jendela pembelian pendek, pemasar dapat membangun minat sebelumnya dengan membagikan secara tepat kapan penjualan kilat akan terjadi.

Bundling produk atau layanan

Jika Anda memiliki rangkaian produk yang berpotensi menciptakan nilai lebih sebagai penawaran paket daripada item yang berdiri sendiri, menjualnya sebagai paket dengan harga diskon dapat membantu meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

BACA JUGA:  Apa itu Resesi? Definisi dan Penjelasannya

Ini bisa menjadi insentif yang tinggi bagi pelanggan yang berjuang untuk memilih antara beberapa produk atau layanan Anda dan pesaing dan sekarang bisa mendapatkan keduanya (atau banyak) dengan harga diskon.

Uji coba atau demo gratis

Uji coba gratis adalah cara yang bagus untuk mendapatkan petunjuk untuk mencoba produk atau layanan Anda tanpa risiko atau komitmen dari mereka. Dalam praktiknya, pengecer dapat menawarkan sampel gratis pada saat pembelian, dan layanan B2B atau B2C mungkin menawarkan uji coba atau demo gratis produk atau layanan mereka sehingga prospek dan pelanggan potensial mereka dapat mengambil produk tersebut untuk dicoba.

Untuk mendukung konversi, pertimbangkan untuk memasangkan uji coba atau demo gratis dengan diskon waktu terbatas.

Pengiriman gratis waktu terbatas atau transfer antar platform atau layanan

Dalam e-commerce, Baymard Institute memperkirakan bahwa hampir 70% konsumen meninggalkan keranjang belanja mereka dan 50% dari konsumen tersebut mengaitkan pengabaian keranjang mereka dengan biaya tambahan yang tidak terduga seperti biaya, pengiriman, dan pajak.

Promosi penjualan yang menggunakan pengiriman gratis dan pengembalian gratis dapat membantu menghilangkan salah satu kendala yang menyebabkan orang meninggalkan keranjang mereka. Jika Anda adalah merek B2B atau SaaS, rintangan terakhir untuk pembelian mungkin adalah penolakan pelanggan Anda untuk menghadapi tantangan berpindah penyedia.

Bonus produk dalam waktu terbatas

Jika Anda tidak bisa fleksibel pada harga, Anda masih dapat membangkitkan rasa urgensi dengan membuat penawaran waktu terbatas untuk produk gratis yang ditambahkan ke pesanan.

Misalnya, Anda dapat menawarkan produk atau layanan yang sudah ada bersama fitur bonus atau add-on gratis. Ini menambah nilai yang dirasakan tanpa merusak keuntungan Anda atau membatasi sumber daya Anda.

Kupon pembelian pertama

Jika seseorang menjadi terhubung dengan bisnis Anda dengan cara selain melakukan pembelian, seperti uji coba gratis, mungkin perlu waktu bagi mereka untuk mempersiapkan diri menjadi pelanggan yang membayar.

BACA JUGA:  Contek Cara Memaksimalkan Pemasaran Versi Spesialis SEO Berikut Ini!

Untuk mempercepat proses, tawarkan diskon untuk pembelian pertama mereka. Bahkan, beberapa merek bahkan menawarkan diskon untuk pembelian pertama di email selamat datang mereka sebagai cara untuk berterima kasih kepada pelanggan baru mereka atau memimpin untuk bergabung dengan komunitas mereka. Untuk hasil terbaik, batasi penawaran hingga beberapa hari. Bahkan jika mereka tidak menggunakan kupon, mereka dapat menelusuri produk atau layanan Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

Beli satu, gratis satu

“Beli satu, dapatkan satu gratis” (juga disebut BOGO), atau “Beli dua dan dapatkan gratis ketiga” adalah taktik promosi penjualan yang umum digunakan. Kampanye ini berguna ketika Anda ingin atau perlu menjual beberapa produk sekaligus.

Jenis promosi ini juga dapat berfungsi untuk membangun kesadaran merek, karena pelanggan Anda dapat membagikan item tambahan dengan teman atau anggota keluarga.

Kupon atau kode voucher

Kupon bersifat serbaguna karena dapat dikirimkan dalam berbagai cara, seperti melalui situs web Anda, media sosial, atau materi cetak seperti pada kwitansi atau kemasan produk Anda. Kupon adalah cara yang bagus untuk berterima kasih kepada pelanggan saat ini atau memberi insentif kepada pelanggan pertama kali untuk kembali.

Tripwire (meningkatkan penjualan)

Tripwire mengacu pada gagasan untuk menawarkan produk atau layanan tingkat pemula kepada calon pelanggan. Dengan melakukan ini, tenaga penjualan Anda dapat memasukkan mereka ke dalam ekosistem atau CRM penjualan Anda dan mulai memelihara mereka melalui perjalanan pembeli.

Setelah Anda membangun kepercayaan, Anda dapat menunjukkan kepada mereka mengapa meningkatkan ke penawaran dengan harga lebih tinggi adalah kepentingan terbaik mereka.

Program Sale Rutin

Jika sesuai dengan bisnis yang dijalankan, Anda dapat mempertimbangkan untuk dikenal karena program sale sebanyak satu atau dua tahunan Anda. Penjualan berulang dapat membantu membangun antisipasi sehingga ketika akhirnya terjadi, orang-orang siap dan bersemangat untuk berbelanja.

Sebagian dari pembelian digunakan untuk tujuan amal

Menjalankan promosi penjualan yang mendedikasikan sebagian dari pembelian Anda untuk tujuan penting atau amal dapat menjadi cara yang bagus untuk memicu bisnis. Pelanggan Anda akan merasa senang dengan pembelian mereka, dan Anda akan dapat meningkatkan citra merek Anda dengan mengaitkannya dengan tujuan penting. Ini juga merupakan cara mudah untuk membangun loyalitas pelanggan dengan prospek yang mendukung tujuan itu sendiri.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu Sales Promotion yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Scroll to Top