Asaljeplak.my.id

Apa itu Penyakit Arteriosklerosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Arteriosklerosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Arteriosklerosis? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Arteriosklerosis

Arteriosklerosis adalah kondisi gangguan pada pembuluh darah arteri yang mengalami penyempitan akibat plak. Plak pada pembuluh darah adalah hasil dari tumpukan kolesterol, kalsium, dan sel radang.

Jika penyempitan yang terjadi semakin berat, maka organ yang seharusnya mendapatkan nutrisi dan oksigen dari pembuluh darah tersebut akan ikut kekurangan pasokan. Organ yang kekurangan pasokan oksigen dan nutrisi kemudian akan mulai terganggu.

Kadang kala, plak di pembuluh darah tersebut ‘pecah’ dan lepas mengikuti aliran darah. Plak yang lepas tersebut dapat menyumbat pembuluh darah di tempat lain. Kemudian secara mendadak bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Secara umum, dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis pembuluh darah, yaitu pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju ke seluruh bagian tubuh. Sebaliknya, pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang membawa darah menuju ke jantung.

Penyakit Arteriosklerosis (GraphicsRF/Shutterstock)

Penyebab Arteriosklerosis

Arteriosklerosis terjadi karena berbagai faktor, di antaranya adalah:

Diagnosis Arteriosklerosis

Pada pemeriksaan awal, dokter akan mengumpulkan informasi seputar keluhan pasien dan lakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Setelah itu, ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan seperti:

Gejala Arteriosklerosis

Arteriosklerosis ringan umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Sementara itu, bila arteriosklerosis menyebabkan penyempitan yang cukup berat, maka berbagai gejala dapat terjadi, tergantung organ yang dipengaruhinya.

Jika arteriosklerosis terjadi pada pembuluh darah karotis (pembuluh darah yang bertanggung jawab mengantarkan darah ke otak), maka gejala yang dapat timbul adalah:

Jika arteriosklerosis terjadi pada pembuluh darah koroner (pembuluh darah yang bertanggung jawab mengantarkan darah ke otot jantung), maka gejalanya biasanya berupa:

Jika arteriosklerosis terjadi pada pembuluh darah tungkai bawah, maka akan terjadi keluhan, seperti:

Arteriosklerosis dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal, stroke, dan aritmia.

Pengobatan Arteriosklerosis

Pengobatan untuk arteriosklerosis meliputi:

Pencegahan Arteriosklerosis

Untuk cegah terjadinya arteriosklerosis, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, seperti:

Exit mobile version