apa-itu-makefile

Apa Itu Makefile?

Apa itu Makefile? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Makefile adalah sebuah file yang berisi instruksi yang diperlukan oleh program pembuat (make) untuk membangun aplikasi atau sistem yang kompleks. Makefile umumnya berisi daftar rintisan yang diperlukan untuk membangun program, termasuk daftar file yang diperlukan, instruksi kompilasi, dan rintisan lainnya. Makefile juga bisa berisi cakupan tes atau cakupan file konfigurasi.

Makefile sebenarnya adalah penggabungan dari beberapa file-file yang berbeda. File ini dibuat oleh programmer untuk menentukan alur yang diperlukan untuk membangun suatu program. Makefile menyediakan kontrol yang dapat menghasilkan versi terbaru dari program, atau untuk menangani manajemen file.

Makefile mungkin berupa rintisan ASCII yang sederhana. Hal ini memungkinkan programmer untuk menulis satu Makefile yang kompleks yang memerlukan versi berbeda dari berbagai program yang akan membangun atau mengeksekusi akar program. Selain itu, mereka juga bisa digunakan untuk menangani kompilasi dan linker, sehingga programmer bisa mengatur perangkat lunak mereka tanpa repot-repot membaca susunan panjang setiap potongan perangkat lunak.

Beberapa program pembuat, seperti make dan gmake, telah memudahkan dalam pembuatan Makefile. Dengan menggunakan Makefile, programmer bisa dengan cepat mengubah susunan program mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan demikian, mereka dapat dengan cepat mengubah satu atau dua bagian kode untuk membangun satu program baru.

Makefile juga memungkinkan programmer untuk menentukan perencanaan yang diperlukan untuk membangun suatu program. Programmer hanya perlu menerapkan pengaturan rintisan di dalam file tersebut sehingga mereka tidak perlu lagi melakukan rintisan yang sama kembali lagi setiap kali mereka membuat perubahan.

BACA JUGA:  Apa Itu Ruby on Rails?

Makefile benar-benar merupakan alat yang luar biasa bagi para programmer. Dengan menggunakannya, programmer dapat membangun program lebih cepat dan mengelola perangkat lunak mereka dengan lebih mudah.

Scroll to Top