apa-itu-node-js

Apa Itu Node JS?

Apa itu Node JS? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Node JS adalah platform JavaScript open-source yang dirancang untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Node JS mengintegrasikan motor JavaScript V8 bawaan Chrome Browser dan runtime, memungkinkan para pengembang untuk menulis aplikasi server tanpa menggunakan bahasa pemrograman server seperti PHP atau ASP.NET.

Node JS memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang responsif dan handal dengan menggunakan API non-bloking, yang artinya, ketika suatu request masuk, aplikasi mendapat semua informasi yang diperlukan sebelum melanjutkan. Hal ini membuat aplikasi yang dibuat menggunakan Node JS lebih cepat dan tanggap.

Node JS juga menawarkan kesamaan dalam antarmuka proses antara client dan server. Sehingga, kode aplikasi yang sama dapat dijalankan baik secara lokal maupun melalui browser. Node JS juga menawarkan fleksibilitas dan keterkaitan yang jauh lebih tinggi untuk meningkatkan kecepatan produksi aplikasi berbasis web.

Selain itu, Node JS juga memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi mobile yang berfungsi di berbagai macam platform. Karena Node JS berdasarkan pada pengembangan kode yang sama/sejenis, kode aplikasi dapat dengan mudah dipindahkan dari platform satu ke yang lain.

Secara keseluruhan, Node JS adalah platform berbasis JavaScript yang sangat fleksibel dan inovatif yang mendukung pengembangan aplikasi berbasis web. Menggunakan Node JS akan memberikan pengalaman mengembangkan aplikasi lebih cepat dan responsif.

BACA JUGA:  Apa Itu Pemrograman Shell (Shell Scripting)?
Scroll to Top