apa-itu-flowchart

Apa itu Flowchart ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Flowchart? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Flowchart dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan coba jelaskan secara detail mengenai Flowchart supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa Itu Flowchart

Flowchart adalah sebuah diagram yang menggambarkan atau menyajikan proses sebuah sistem secara sistematis. Flowchart dapat menggambarkan proses, seperti alur proses atau alur kerja, untuk merencanakan alur logis, menampilkan alur proses kerja tentang bagaimana informasi diproses, atau menjelaskan tujuan, tahapan pengembalian, dan dasar keputusan kepada pengguna. Flowchart dapat dibuat menggunakan simbol-simbol flowchart yang berbeda dan tata cara penulisannya sesuai dengan standar industri.

Fungsi dan Kegunaan Flowchart

Flowchart memiliki banyak manfaat termasuk membantu pemecahan masalah dengan cara mengikuti alur logis, membuat pemrograman komputer lebih efisien, membuat keputusan bersama dengan melibatkan orang lain, mengidentifikasi kesalahan cepat, dan merancang alur kerja. Flowchart bisa digunakan dalam banyak situasi, seperti dalam proyek management, pemprograman komputer, atau untuk membuat keputusan bersama.

Dalam proses membuat flowchart, tugas pertama adalah pengidentifikasian poin-poin utama dari proses. Beberapa simbol flowchart yang digunakan dapat membantu untuk menjelaskan detil proses yang lebih besar. Setelah identifikasi poin-poin utama, Anda dapat menggunakan simbol khusus flowchart untuk menggambarkan prosedur-prosedur tertentu, flowchart aliran, atau kondisi-kondisi spesifik.

Flowchart bisa digunakan di berbagai bidang seperti Software Engineering, Medicine, Accounting, dan lain-lain. Flowchart juga dapat berguna dalam meningkatkan interaksi antar departemen dengan merencanakan proses lebih efektif.

BACA JUGA:  Apa itu 7k ? Definisi dan Penjelasannya

Kesimpulan

Flowchart memberikan banyak manfaat termasuk untuk membuat proses lebih mudah dipahami dan dijalankan, membantu perusahaan/organisasi beroperasi secara lebih efektif, membuat komunikasi antar departemen lebih efektif, dan bahkan membantu untuk menemukan solusi dari masalah yang tak berujung.

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu Flowchart yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Scroll to Top