apa-itu-dropbox

Apa itu Dropbox ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Dropbox? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Dropbox dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Dropbox supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan file daring yang disedia oleh Dropbox, Inc., yang berbasis di San Francisco, California. Dropbox menyediakan pengguna dengan sebuah folder daring di mana mereka dapat menyimpan, berbagi, dan mengunggah file hingga 2 GB gratis dan mengunggah file hingga 100 GB. Dropbox mengijinkan pengguna menambahkan folder ke beberapa komputer yang berbeda dan mempunyai akses ke file yang sama dari semua komputer.

Sejarah Dropbox

Pendiri Dropbox, Drew Houston menyusun konsep Dropbox setelah berulang kali kehilangan flash drive USB -nya saat dia masih menjadi mahasiswa di MIT.

Houston mendirikan Evenflow, Inc. pada Mei 2007 sebagai perusahaan di belakang Dropbox, dan tak lama kemudian mendapatkan pendanaan awal dari Y Combinator. Dropbox secara resmi diluncurkan pada TechCrunch Disrupt tahun 2008, sebuah konferensi teknologi tahunan. Karena sengketa merek dagang antara Proxy, Inc. dan Evenflow, nama domain resmi Dropbox adalah ” get dropbox.com” hingga Oktober 2009, ketika domain saat ini diperoleh, “dropbox.com”. Pada Oktober 2009, Evenflow, Inc. berganti nama menjadi Dropbox, Inc.

Dalam sebuah wawancara dengan “Founder Stories” TechCrunch pada Oktober 2011, Houston menjelaskan bahwa video demo dirilis pada masa-masa awal Dropbox, dengan satu penonton adalah Arash Ferdowsi. Ferdowsi “sangat terkesan” sehingga mereka menjalin kemitraan. Mengenai persaingan, Houston menyatakan bahwa “Mudah bagi saya untuk menjelaskan idenya, sebenarnya sangat sulit untuk melakukannya.”

BACA JUGA:  Apa itu 4000 jam tayang ? Definisi dan Penjelasannya

Fungsi dan Kegunaan Dropbox

Keuntungan Dropbox datang daripada layanan sincronisasi automaticnya yang memastikan file turut diperbarui secara tepat di semua komputer yang dikaitkan. Selain itu, Dropbox adalah cara untuk melindungi dokumen komputer Anda dengan cadangan daring yang dapat diakses dari mana saja. Dropbox memungkinkan pengguna untuk meminta pengeditan kepada orang lain dan me-review versi terbaru mereka. Ini memudahkan kolaborasi yang berkelanjutan.

Dropbox tersedia dalam versi perangkat lunak yang berjalan di Mac, Windows, dan Linux, dan sebagai aplikasi mobile untuk iOS, Blackberry, dan perangkat Android. Dropbox dapat didownload dari situs web resminya dan menerima berbagai metode pembayaran, termasuk PayPal, kartu kredit, dan kupon. Sebagai bagian dari kemitraan pengembangan perangkat lunak, Dropbox juga tersedia sebagai plugin untuk berbagai aplikasi, seperti Microsoft Office dan Adobe Creative Suite.

Kesimpulan

Dengan Dropbox, Anda dapat memperluas ruang penyimpanan, membuat dokumen perjalanan, berbagi informasi dengan orang lain, dan membuat cadangan data Anda. Dropbox cepat, tepat, dan aman, membuat ini menjadi layanan penyimpanan file daring yang menguntungkan.

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu Dropbox yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Scroll to Top