apa-itu-intercom

Apa itu Intercom ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Intercom? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Bisa jadi kamu baru saja membaca atau mendengar istilah Intercom dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan coba jelaskan secara rinci mengenai Intercom supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Definisi Intercom

Intercom adalah kependekan dari intercommunication device, intercommunicator, atau sering juga disebut interphone, yang merupakan suatu perangkat sistem komunikasi suara, yang menyalurkan komunikasi melalui jaringan pribadi dan tidak menggunakan jaringan telekomunikasi publik (misalnya jaringan telepon).

Perangkat Intercom biasanya dipasang di suatu gedung perkantoran, apartemen, atau bahkan perumahan, dan bisa digabungkan dengan saluran atau jaringan telekomunikasi lainnya.

Sejarah Intercom

Penemuan telepon Alexander Graham Bell pada tahun 1876 memberi jalan bagi sistem interkom baru. Sistem ini menjadi standar di sebagian besar bangunan multikeluarga pada awal 1900-an. Mereka kemudian dikenal sebagai sistem entri telepon.

Interkom berbasis telepon pertama dipatenkan pada tahun 1894 oleh Kellogg Switchboard and Supply Company. Perangkat ini bekerja ketika pengunjung menarik pegangan pada panel di pintu masuk gedung, yang akan menutup sirkuit (atau relay), memungkinkan arus listrik melewati kabel ke penerima di apartemen penyewa. Penerima membuat suara berdengung, memperingatkan penghuni akan adanya pengunjung.

Sayangnya, perangkat ini tidak memungkinkan warga berbicara dengan pengunjungnya. Sebagai gantinya, mereka harus melihat siapa yang menghubungi mereka sebelum memberikan akses ke gedung. Meskipun itu bukan sistem yang paling nyaman, itu lebih murah dan lebih efektif dibandingkan memasang pipa di seluruh properti dan mengharapkan pengunjung menyebutkan identitasnya melalui pipa.

BACA JUGA:  Apa Itu Account Receivable ? Definisi dan Penjelasannya

Beberapa tahun kemudian, Perusahaan Kellogg menambahkan lubang suara dan corong untuk memungkinkan penghuni berbicara dengan pengunjung.

Pada 1950-an, pengunjung dan penghuni sekarang dapat berbicara satu sama lain secara langsung melalui interkom dengan menekan atau menahan tombol. Teknologi ini membutuhkan perangkat keras di pintu masuk depan dan di dalam unit residen. Pintu depan dengan kunci elektronik dapat dibuka dari jarak jauh dengan menekan tombol pada perangkat keras dalam unit yang sama.

Pada tahun 1980-an, pengembangan interkom video pun mulai membuahkan hasil., namun setelah pengembangan ARPANET (cikal bakal internet) pada 1983 dan setelahnya hingga tahun 2000-an, pengembangan interkom seakan mandek atau terhenti.

Sekarang, banyak Interkom modern yang memanfaatkan aplikasi ponsel dan bisa terhubung melalui jaringan internet, dan diharapkan kedepannya akan bermunculan inovasi-inovasi baru terkait teknologi interkom tersebut.

Fungsi dan Kegunaan Intercom

Beberapa Intercom ada yang dilengkapi dengan video, dan umumnya perangkat ini ditempatkan di pintu gerbang atau pintu masuk suatu properti, yang tujuannya supaya penghuni bisa berkomunikasi dengan tamu yang datang sebelum tamu tersebut diizinkan masuk ke dalam properti dari penghuni.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Intercom yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: Average: ]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top