apa-itu-accounting

Apa Itu Accounting ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Accounting? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Accounting adalah bahasa Inggris dari kata Akuntansi, yang berarti proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan dengan bisnis. Proses akuntansi mencakup meringkas, menganalisis, dan melaporkan transaksi ini kepada lembaga pengawas, regulator, dan entitas pemungut pajak. Laporan keuangan yang digunakan dalam akuntansi terdiri dari ringkasan dari transaksi keuangan pada suatu periode akuntansi tertentu, total biaya operasional, kinerja keuangan, dan arus kas.

Cara kerja Accounting

Accounting atau Akuntansi adalah salah satu fungsi utama dari hampir semua bisnis. Proses ini dapat ditangani oleh pemegang buku atau akuntan di sebuah firma kecil, atau oleh departemen keuangan yang cukup besar dengan puluhan karyawan di perusahaan besar.

Laporan yang dihasilkan oleh berbagai arus akuntansi, seperti akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, sangat berharga dalam membantu manajemen membuat keputusan bisnis yang terinformasi.

Untuk pengolahan Akuntansi tingkat lanjut, biasanya pekerjaan ini akan diserahkan kepada seseorang yang memiliki sertifikasi, khususnya CPA (Certified Public Accountant/Akuntan Publik Tersertifikasi).

Jenis-jenis Accounting

Accounting atau akuntansi terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah:

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan mengacu pada proses yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan interim dan tahunan. Hasil dari semua transaksi keuangan yang terjadi selama suatu periode akuntansi diringkas ke dalam neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan keuangan sebagian besar perusahaan diaudit setiap tahun oleh kantor akuntan publik eksternal. Untuk beberapa, seperti perusahaan publik, audit adalah persyaratan hukum. 6 Namun, pemberi pinjaman juga biasanya memerlukan hasil audit eksternal setiap tahun sebagai bagian dari perjanjian utang mereka. Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan akan melakukan audit tahunan karena satu dan lain alasan.

Akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen menggunakan banyak data yang sama dengan akuntansi keuangan, tetapi mengatur dan menggunakan informasi dengan cara yang berbeda . Yaitu, dalam akuntansi manajerial, seorang akuntan menghasilkan laporan bulanan atau triwulanan yang dapat digunakan tim manajemen bisnis untuk membuat keputusan tentang bagaimana bisnis beroperasi. Akuntansi manajemen juga mencakup banyak aspek lain dari akuntansi, termasuk penganggaran, peramalan, dan berbagai alat analisis keuangan. Pada dasarnya, informasi apa pun yang mungkin berguna bagi manajemen berada di bawah payung ini.

Akuntansi biaya

Sama seperti akuntansi manajerial membantu bisnis membuat keputusan tentang manajemen, akuntansi biaya membantu bisnis membuat keputusan tentang biaya. Pada dasarnya, akuntansi biaya mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan produksi suatu produk. Analis, manajer, pemilik bisnis, dan akuntan menggunakan informasi ini untuk menentukan berapa biaya produk mereka . Dalam akuntansi biaya, uang digunakan sebagai faktor ekonomi dalam produksi, sedangkan dalam akuntansi keuangan, uang dianggap sebagai ukuran kinerja ekonomi perusahaan.

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu accounting yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top