apa-itu-abrasi

Apa Itu Abrasi ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Abrasi? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Abrasi dalam Geografi

Di dalam ilmu geografi, Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak, dan sering disebut dengan istilah erosi pantai (meskipun abrasi dan erosi merupakan dua fenomena yang berbeda secara esensi).

Abrasi atau Pengikisan ini bisa disebabkan secara alami, maupun disebabkan oleh ulah manusia.

Proses abrasi pantai yang disebabkan secara alami terjadi apabila terjadi pasang surut air laut dan gelombang serta arus laut yang berpotensi menimbulkan kerusakan sebagai akibat dari angin yang kencang di atas lautan.

Sementara abrasi yang disebabkan oleh manusia bisa terjadi apabila terjadi eksploitasi yang berlebihan terhadap kekayaan laut seperti ikan dan terumbu karang sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem laut, dan dilakukannya penambangan pasir pantai secara berlebihan.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan penanaman hutan mangrove. Hutan mangrove sangat bermanfaat agar tidak terjadi pengikisan pantai. Pengikisan pantai dapat berakibat daratan sekitarnya tergenang air.

Abrasi dalam Kesehatan

Sementara dalam ilmu kesehatan/kedokteran, istilah abrasi sering dipakai sebagai istilah untuk permukaan kulit yang tergores, terluka, atau lecet. Lebih tepatnya, lecet atau abrasi adalah area pada kulit yang muncul akibat gesekan yang terjadi saat jatuh, misalnya kulit lutut yang mengelupas setelah jatuh dan terseret di aspal. Abrasi ringan biasanya disebut dengan luka lecet.

Tanda dan gejala luka abrasi atau lecet yang umumnya muncul, yaitu:

  • Perdarahan atau nanah yang keluar dari area luka
  • Demam
  • Rasa sakit yang menetap
  • Kemerahan, bengkak, atau sensasi hangat di area luka

Abrasi dalam Bidang Lainnya

Bagi yang bergerak di bidang konstruksi, otomotif, mekanikal, atau permesinan, istilah abrasi (atau disebut juga sebagai erosi) sering digunakan untuk menyebutkan suatu kondisi mengikisnya permukaan logam yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada logam.

Lebih tepatnya, erosi atau abrasi adalah termakannya permukaan logam oleh pengaruh mekanis. Dua jenis logam yang saling bergesekan yang menyebabkan logam tersebut akan menjadi aus, misalnya seperti poros yang berputar pada bantalan torak, pada silinder motor, poros engkol yang berputar, dan lain-lain.

Abrasi dalam Bahasa Inggris

Sementara itu, di dalam bahasa Inggris (Merriam-Webster), arti Abrasi adalah suatu proses pengikisan atau pengausan yang disebabkan oleh gesekan; Iritasi (pada kulit); area kulit atau membran mukosa yang terkikis atau lecet.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu abrasi yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top