apa-itu-abdomen

Apa Itu Abdomen ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Abdomen? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Abdomen adalah bagian tubuh antara thorax (dada) dan pelvis, pada manusia dan vertebrata lainnya. Abdomen adalah bagian depan dari segmen abdominal pada batang tubuh (torso). Daerah yang ditempati oleh abdomen disebut rongga abdomen.

Nama lain dari abdomen adalah perut, atau dalam bahasa Inggris terkadang disebut dengan istilah Abs (kata Abdomen yang disingkat).

Pada manusia, perut membentang dari toraks di diafragma toraks ke panggul pada pinggiran panggul . Pinggiran panggul membentang dari sendi lumbosakral (diskus intervertebralis antara L5 dan S1) ke simfisis pubis dan merupakan tepi pintu atas panggul.

Pada vertebrata, abdomen atau perut adalah rongga tubuh besar yang tertutup oleh otot-otot perut, di depan dan di samping, dan oleh bagian tulang belakang di belakang. Tulang rusuk bagian bawah juga dapat menutupi dinding ventral dan lateral. Rongga perut berlanjut dengan, dan di atas, rongga panggul, yang melekat pada rongga dada oleh diafragma. Struktur seperti aorta , vena cava inferior dan esofagus melewati diafragma.

Baik rongga perut dan panggul dilapisi oleh membran serosa yang dikenal sebagai peritoneum parietal . Membran ini bersambung dengan peritoneum viseralmelapisi organ. Perut pada vertebrata berisi sejumlah organ yang termasuk, misalnya, sistem pencernaan, sistem kemih, dan sistem otot .

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu abdomen yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top