Apa itu 5C di dalam Pemasaran Stratejik?

Apa itu 5C di dalam pemasaran stratejik (Strategic Marketing)? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

5C di dalam lingkup pemasaran stratejik digunakan untuk melakukan analisa lingkungan di tempat suatu perusahaan berada, yang mana lingkungan ini tidak membahas soal fisik tetapi faktor-faktor lainnya seperti pihak ketiga dan faktor internal.

Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:

Company

Company atau Perusahaan melibatkan analisis terhadap lini produk perusahaan, budaya, tujuan dan sasarannya, dan citra di pasar. Kami juga melihat teknologi dan pengalaman perusahaan. Tujuan utama di sini adalah untuk menentukan apakah perusahaan berada dalam posisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Collaborators

Collaborators adalah analisis terhadap para pihak yang terlibat dengan perusahaan dalam menjalankan bisnis mereka, contohnya misalnya adalah supplier dan juga dstributor.

Customers

Customers atau Pelanggan adalah mereka yang mereka yang ditargetkan untuk menggunakan jasa ataupun produk dari perusahaan.

Pada analisis ini perusahaan harus menentukan dan memastikan apa yang sebenarnya dibutuhkan dan diperlukan oleh para calon pelanggan, termasuk apa saja yang akan mempengaruhi keputusan pembelian dari mereka.

Competitors

Competition atau Competitors atau Kompetitor di sini adalah analisa terhadap siapa saja pesaing dari bisnis suatu perusahaan, seberapa besar ancaman mereka terhadap bisnis dari perusahaan tersebut, kemudian apa saja kelemahan dan kekurangan dari para pesaing.

Climate

Climate atau Iklim di sini tidak mengacu kepada cuaca, tetapi lebih kepada faktor-faktor yang mempengaruhi iklim usaha, misalnya regulasi pemerintah, kondisi perekonomian, iklim politik, tren terbaru di masyarakat, teknologi, dan lain sebagainya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top