apa-itu-abalone

Apa Itu Abalone ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Abalone? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu mendengar temanmu bertanya, “Eh, sudah pernah makan Abalone belum?”, lalu kebingungan sendiri karena belum memahami makanan seperti apa Abalone itu. Karenanya, pada artikel kali ini, Asaljeplak akan mencoba membantu memberikan penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Abalone tersebut.

Definisi Abalone

Abalon atau Abalone adalah nama yang umum digunakan untuk menyebut kelompok molluscus laut gastropoda yang ada di dalam famili Haliotidae. Abalone sering disebut sebagai kerang laut atau siput laut, dan merupakan salah satu jenis makanan laut yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Bentuknya bisa dibilang serupa dengan kerang oyster (kerang tiram), namun rasanya sama sekali berbeda. Rasa dari Abalone itu disebut sebagai perpaduan antara oyster dengan scallop, sehingga banyak yang menggemarinya.

Makanan Langka

Abalone juga sangat sulit untuk didapatkan, dan konsumsinya diatur dengan ketat di sejumlah negara. Di New Zealand (Selandia Baru) misalnya, nelayan hanya boleh mengumpulkan sepuluh abalone per hari, harus memiliki izin, dan tidak boleh menggunakan alat bantu pernapasan bawah air.

Kesulitan dalam mendapatkan Abalone juga dikarenakan kelihaian mereka dalam bersembunyi di balik gangang dan bebatuan karang tempat mereka menempel. Mereka memiliki cangkang keras di punggung mereka yang melindungi, menampung, dan menyembunyikan mereka.

Faktor geografis juga menyebabkan organisme yang satu ini sulit didapatkan. Abalon hanya dapat ditemukan secara alami di wilayah tertentu di dunia, dan seringnya ditemukan di pantai yang dangkal dengan suhu yang dingin di negara-negara seperti Selandia Baru, Jepang, Afrika Selatan, Australia, Amerika Serikat, dan di sekitaran wilayah Indo-Pasifik.

Saking langkanya, satu kilogram Abalone biasanya dihargai sekitar $500 (atau sekitar Rp7 juta), yang mana selain dijual dalam bentuk masakan, orang juga dapat menjual cangkang mereka yang umumnya memiliki ukiran yang indah.

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu abalone yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top