Wacana yang Diusulkan Kader Demokrat Terkait KLB Harus Jadi Introspeksi

Asaljeplak.my.id –Peneliti Senior atau Pakar Politik LIPI, R. Siti Zuhro menegaskan, bahwa wacana yang diusulkan oleh kader Partai Demokrat terkait Kongres Luar Biasa (KLB) patut menjadi bahan introspeksi internal.

Menurutnya, salah satu masalah besar bagi partai politik (parpol) adalah suksesi. Sebab kompetisi di internal parpol tidak dibuka secara transparan dan akuntabel.

“Merit system belum menjadi tradisi. Karena promosi kader masih menonjolkan pola kolutif dan nepotis. Celakanya lagi, Ketua Umum bukan sebagai manager partai,” ujar Siti Zuhro ditulis Rabu (24/2/2021).

Zuhro mengatakan konflik di internal partai merefleksikan adanya kekecewaan atau ketidakpuasan. Oleh sebab itu, partai harus menegakkan peraturan dan keadilan, khususnya dalam proses suksesi.

Baca Juga:
Max Sopacua Koar-koar, Sebut Partai Demokrat Kini Milik Keluarga Cikeas

“Para elite dan pengurus partai harus menegakkan political commitment dan law enforcement dalam membangun partai agar transparansi dan akuntabilas bisa dihadirkan,” lanjutnya.

Namun, Zuhro mengatakan bahwa proses suksesi harus mengacu pada AD/ART partai agar tak ada peraturan yang dilanggar.

Menurutnya KLB digelar karena adanya kondisi yang luar biasa atau karena ada friksi yang besar di internal partai.

Ia pun menyebut jika perbaikan Partai Demokrat sangat diperlukan agar partai berlambang Mercy itu tidak mempraktikan model partai kekeluargaan.

“Ada ketidakpuasan beberapa kader atau mungkin mantan kader terhadap pola pengelolaan Demokrat sekarang ini tak berarti hrs dimaknai KLB. Perbaikan Demokrat sangat diperlukan agar partai ini tidak mempraktikkan model partai kekeluargaan. Parpol harus terbuka untuk semua kader dan hak otonom kader harus dijamin bila partai ingin maju. Partai tak boleh identik dengan kepemilikan seseorang atau keluarga karena partai adalah pilar penting demokrasi dan aset negara,” ungkapnya.

READ  Taman Biodiversitas kembalikan anggrek alam spesies meratus

Baca Juga:
Makin Panas! Max Sopacua: Kader Demokrat Ingin KLB agar Kembali ke Marwah

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Gemar Bernyanyi, Ini 5 Aplikasi Karaoke PC yang Wajib Dicoba

Read Next

Liga Champions: Chelsea menang tipis 1-0 lawan Atletico Madrid

Tinggalkan Balasan