• September 25, 2020

Tips Memperbaiki Smartphone yang Tidak Dapat Mengisi Daya

Asaljeplak.my.id –Jika baterai smartphone tidak terisi dengan benar, jangan langsung beranggapan bahwa pengisi daya ponsel atau baterai rusak. Itu terjadi karena ada berbagai macam kemungkinan penyebab lebih sederhana mengapa baterai tidak terisi dengan baik.

Dilansir dari Nextpit, ada lima tips untuk memperbaiki smartphone yang tidak dapat mengisi daya. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Memperbaiki port USB sendiri
Solusi tercepat, termudah, dan paling umum adalah melakukan sedikit perbaikan pada perangkat keras sendiri. Masalahnya sering kali permukaan logam di dalam port USB dan pengisi daya microUSB tidak melakukan kontak dengan baik, entah karena cacat produksi atau karena kabel pengisi daya terus menerus dicabut.

Hal yang perlu pengguna lakukan adalah mematikan perangkat, melepas baterai jika memungkinkan, dan menggunakan sesuatu yang kecil, seperti tusuk gigi, untuk “mengangkat” tab kecil di dalam port USB pada smartphone. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati dan lembut, kemudian masukkan kembali baterai jika bisa dilepas.

2. Bersihkan kotoran
Terkadang, kotoran juga dapat menjadi penyebab masalah pengisi daya. Jika pengguna sering menyimpan smartphone di saku celana, mungkin serat bisa menjadi penyebabnya. Dalam kasus ekstrem, bahkan makanan seperti cokelat bisa menyumbat port pengisian daya. Oleh karena itu, pengguna perlu membersihkan port USB dari kotoran dan debu.

3. Mengganti kabel pengisi
Mengganti kabel USB dengan kabel baru adalah jalan pintas lain untuk pengisian daya yang bermasalah, namun pastikan untuk membeli kabel pengisi yang original untuk masa pakai ponsel dan kabel itu sendiri. Cara termudah untuk mendiagnosis bahwa masalah utama terletak pada kabel yang rusak adalah dengan mencoba menggunakan kabel lain dan melihat apakah itu berfungsi dengan baik di perangkat. Jika ya, maka pengguna tahu bahwa kabel aslinya bermasalah.

READ  Tim medis terpapar COVID-19, sebuah puskesmas di Jember tutup sementara

4. Diagnosis masalah pada adaptor
Jika kabel bukan sumber utama masalah, periksa wall plug adapter atau adaptor, terutama jika kabel pengisi daya dapat dilepas. Terkadang port USB menjadi sedikit longgar setelah tanpa henti mencolokkan dan mencabut kabel.

Periksa juga apakah kombinasi pengisi daya atau kabel yang sama berfungsi pada perangkat berbeda karena ini akan membantu pengguna menghilangkan kemungkinan bahwa itu adalah perangkat pengguna yang bermasalah, bukan kabel atau pengisi daya. Pengguna juga harus memastikan tidak ada masalah dengan stopkontak.

5. Mengisi daya dari sumber yang tepat
Mengisi daya dari stopkontak akan selalu lebih cepat daripada mengisi daya melalui PC atau laptop karena port USB komputer tidak menghasilkan banyak daya. Stopkontak dapat menghasilkan daya dua kali lebih banyak daripada post USB komputer dan pengisi daya cepat dapat menghasilkan daya hingga lima kali lipat.

Jika ponsel pengguna mengisi daya dengan lambat dan terhubung ke laptop, segera pindahkan sumber dayanya. Jika stopkontak tampak tidak mengirim daya ke ponsel, periksa apakah itu sesuai untuk perangkat pengguna. Terkadang pengisi daya dari ponsel lain mungkin tidak memberikan jumlah daya yang tepat.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Ibnu-Arifin sebagai paslon pertama mendaftar ke KPU Banjarmasin

    Read Next

    Lagi Ngomongin Menag, PA 212 Curhat Banyak Ulama Dicap Radikal

    Tinggalkan Balasan