Tim Hukum Habib Rizieq Dihadang Saat Sidang, Polisi: Bukan Aturan Kami

Asaljeplak.my.id –Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjawab perihal adanya penghadangan tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab saat hendak masuk ke ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Jumat (19/3/2021) pagi.

Menurut Rusdi, aparat kepolisian hanya melakukan pengamanan jalannya persidangan.

Rusdi menuturkan kalau pihaknya tidak memiliki aturan semacam itu. Sebab, seluruh aturan soal keberlangsungan sidang itu menjadi kewenangan dari pihak pengadilan.

“Polri hanya mengamankan bagaimana persidangan bisa berjalan dengan aman dan lancar. Kalau enggak boleh masuk segala macam itu bukan Polri yang punya aturan,” tutur Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Baca Juga:
Tak Tanggapi Dakwaan JPU Kasus RS UMMI, Habib Rizieq Pilih Sujud

“Tentunya dari pengadilan sendiri yang membuat tata tertib persidangan itu,” tambah Rusdi.

Berdasarkan pantauan Suara.com tadi pagi, awalnya sejumlah orang yang mengaku sebagai kuasa hukum Rizieq datang dan ingin masuk ke dalam gedung PN Jakarta Timur.

Namun, aparat kepolisian yang memang menerapkan penjagaan ketat di depan pintu gerbang masuk menahan lebih dulu para kuasa hukum Rizieq tersebut dengan alasan menunggu arahan.

Kurnia, salah satu kuasa hukum Rizieq, menyampaikan nada protes mempertanyakan dirinya dkk tak bisa masuk ke depan gedung PN Jakarta Timur.

“Pak polisi penegak hukum, mereka mengatakan pengacara HRS dilarang masuk ke dalam. Alasan perintah jaksa. Jaksanya siapa? Kami paham posisi Anda. Hak kami sebagai pengacara,” kata Kurnia di depan aparat kepolisian yang berjaga di depan pintu gerbang.

Baca Juga:
Soal Kasus RS UMMI, Habib Rizieq Didakwa Sebar Hoaks hingga Picu Keonaran

Menurutnya, penjagaan ketat aparat kepolisian sedemikian rupa hanya menghabiskan biaya negara. Ia dan rekanannya yang lain kemudian menunjukkan kartu identitas advokatnya.

  • «
  • 1
  • 2
  • »
    READ  Van de Beek melihat masa depan cemerlang di MU

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Pandi dan Puisinfolahta TNI Kelola Bareng Domain mil.id

    Read Next

    Persiapan ke Sleman, skuad Bali United divaksinasi

    Tinggalkan Balasan