Test Ride Yamaha All New Aerox 155 Connected, Ini Review Performa dan BBM

Asaljeplak.my.id –Hanya berselang beberapa saat setelah meluncurkan produk terbaru Yamaha All New Aerox 155 Connected, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyelenggarakan media test ride bertajuk “Aerox Ultimate Racy Experience”, Rabu (11/11/2020), dengan lokasi Sentul Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Para awak media yang diundang disilakan menjajal langsung keunggulan All New Aerox 155 Connected serta fitur Y-Connect yang mendukung aktivitas berkendara.

Agar seru, kemasan test ride dibuat unik. Yaitu berupa kompetisi Time Trial Challenge di lintasan sirkuit gokart sepanjang 1.200 m dengan 14 tikungan dan chamber (kemiringan) tinggi. Setiap peserta diberi kesempatan melintas di sirkuit lima lap untuk mencari best time atau waktu tercepat.

Dalam kesempatan ini, selain ikut berkompetisi, Suara.com juga merasakan sensasi berkendara All New Aerox 155 Connected dengan mesin baru.

Baca Juga:
Siapkan Motor Trail Listrik, Yamaha Belum Datangkan ke Indonesia

Yamaha All New AEROX 155 Connected warna Dark Grey Yellow [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].Yamaha All New AEROX 155 Connected warna Dark Grey Yellow [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Berikut adalah review tim kanal otomotif Suara.com saat berinteraksi perdana dengan Yamaha All New Aerox 155 Connected:

Performa

  • Kesan pertama menunggangi motor teranyar dari Yamaha ini adalah suara mesin terdengar lebih halus dibandingkan model sebelumnya. Tenaga cukup responsif ketika masih berada di putaran bawah.
  • Saat diajak berakselerasi, motor sangat mudah dikendalikan. Walaupun model baru ini bobot motor bertambah dibandingkan model sebelumnya.
  • Posisi berkendara khususnya bagian kaki juga lebih nyaman. Pasalnya, Yamaha sedikit memangkas bagian meruncing di bodi depan yang sering bersentuhan dengan kaki pengendara.
  • Kenyamanan berkendara di lintasan sirkuit terbantu perpaduan suspensi dengan rear sub tank di bagian belakang, serta ban tubeless bertapak lebar, mampu menghadirkan rasa berkendara stabil.

Mesin

  • Yamaha All New Aerox 155 Connected mengusung Total New Engine Blue Core 155cc berpendingin cairan, dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin.
  • Mesin baru ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3kW per 8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9Nm per 6.500 rpm.

Konsumsi BBM

  • Untuk memahami nilai efisiensi pemakaian bahan bakar, penyelenggara mengajak peserta rolling city atau touring dalam kota dengan jarak kurang lebih 50 km.
  • Dalam acara touring, peserta ditantang mengikuti Eco Riding Competition (kompetisi berkendara ekonomis) dengan terkoneksi pada aplikasi Y-Connect.
  • Perjalanan dengan tema eco riding berlangsung santai, tidak banyak menyiksa Yamaha All New Aerox 155 Connected. Putaran rpm dijaga antara 2.000 hingga 4.000 rpm, sedangkan kecepatan bertahan di antara 20 km per jam hingga 60 km per jam.
  • Peserta harus melewati kepadatan lalu kintas kota yang tidak menentu. Pada beberapa titik, motor dapat dipacu dengan kecepatan konstan. Namun pada beberapa titik, laju motor sedikit tersendat dan kembali memulai dari nol.
  • Berdasarkan catatan Suara.com, konsumsi BBM All New Aerox 155 Connected mencapai 32,8 km per liter. Namun beberapa peserta mampu mendapatkan angka konsumsi BBM yang lebih baik. Perjalanan sendiri memakan waktu sekitar 100 menit.
  • Angka ini tentu masih bisa diperdebatkan. Sebab ada cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar, yakni dengan metode full to full.
  • Selain itu yang menjadi catatan adalah koneksi motor ke aplikasi Y-Connect ternyata akan terputus ketika ada panggilan masuk ke smartphone. Sehingga pengendara harus kembali melakukan koneksi ulang secara manual.

Warna kendaraan:

Baca Juga:
New Rolls-Royce Ghost Mendarat di Singapura, Ini Penampakan Perdananya

  • Yamaha All New Aerox 155 Connected ditawarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Dark Grey Yellow, Matte Black Cyan, Red dan Black.

Harga:

  • Yamaha All New AEROX 155 Connected/ABS Rp29 juta
  • Yamaha All New AEROX 155 Connected Rp25,500 juta

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Leha-leha Selama Liburan, Tukang Bakso Mirip Raffi Ahmad Dibentak Merry

Read Next

Yamaha Aerox 155 Connected dijajal Jakarta-Sentul, apa plus-minusnya?

Tinggalkan Balasan