• September 22, 2020

Sri Mulyani: Meski Resesi, Bukan Berarti Ekonomi Indonesia Runtuh

Asaljeplak.my.id –Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan, meski ekonomi Indonesia dipastikan akan masuk dalam jurang resesi, bukan berarti negara akan runtuh.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat menjawab pertanyaan wartawan, perihal peluang ekonomi Indonesia pada kuartal III mendatang apakah akan tumbuh negatif atau positif.

“Artinya kita masih kemungkinan. Kalau belanja pemerintah diakselerasi konsumsi dan investasi belum masuk zona positif, karena aktivitas masyarakat sama sekali belum normal, secara teknikal kuartal III ini kita di zona negatif, maka resesi terjadi,” kata Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Senin (7/9/2020).

Jika situasi ini benar-benar terjadi, bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia ini lantas mengatakan bukan berarti kondisi ekonomi menjadi buruk.

Pasalnya, pelemahan yang terjadi tidak sedalam yang terjadi pada kuartal II 2020, di mana kontraksinya mencapai 5,32 persen.

“Namun tidak berarti kondisinya sangat buruk, karena kontraksinya lebih kecil dan berangsur pulih di bidang konsumsi. Investasi melalui dukungan belanja pemerintah diakselerasi cepat dan berharap ekspor mulai baik,” katanya.

“Karena satu bulan terakhir terjadi kenaikan cukup baik, maka bisa berharap pertumbuhan ekonomi di kuartal III lebih baik dibanding kuartal II yang kontraksi cukup dalam 5,3 persen. Meski demikian, dibanding negara lain kontraksi jauh sangat dalam,” tambahnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III masih akan tumbuh negatif, .

Itu disebabkan kegiatan ekonomi selama periode tersebut masih rapuh akibat pandemi virus corona covid-19.

Sementara kuartal IV, dirinya juga mengatakan pertumbuhan ekonomi diprediksi masih belum stabil.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    READ  Disangka Kadal, Dinosaurus ini Ternyata Burung

    admin

    Read Previous

    VPK-Strela, mobil taktis ringan bisa digantung di helikopter

    Read Next

    Mappilu PWI minta tindak tegas bakal calon langgar protokol kesehatan

    Tinggalkan Balasan