Soal SIKM Jakarta, Pemprov DKI Tunggu Aturan dari Pusat

Asaljeplak.my.id –Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat, sebelum menentukan ada tidaknya pemberlakuan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta.

Diketahui tahun lalu saat di masa pandemi Covid-19, Pemprov DKI memberlakukan SIKM. Pemberlakuan itu seiring dengan kebijakan pemerintah pusat yang melarang masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran.

“Kami masih menunggu, kemarin sore barusan ada rakor, yang pimpin Pak Menko Perekonomian, di antaranya juga membahas peraturan-peraturan terkait dengan kegiatan mobilitas penduduk di musim libur lebaran,” kata Anies di Jakarta, Minggu (4/4/2021).

Menurut Anies, nantinya ada tidaknya pemberlakuan SIKM Jakarta akan menyesuaikan dengan peraturan yang dibuat pemerintah pusat. Karena itu Pemprov DKI kekinianmemilih menunggu kebijakan resmi yang diambil pusat.

Baca Juga:
Jokowi Hadiri Pernikahan Atta-Aurel, Tengku Zul Bandingkan dengan Anies

“Nah, kita di Jakarta akan menunggu dulu sampai ada ketentuan dari pemerintah pusat, nanti kita menyesuaikan,” ujarnya.

Diketahui, pemerintah pusat resmi melarang masyarakat menjalankan mudik Hari Raya Idul Fitri 2021 atau mudik lebaran. Larangan itu berlaku mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Keputusan itu diambil dalam rapat tingkat menteri (RTM) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di kantornya secara luring dan daring, Jumat (26/3/2021).

“Maka ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan,” kata Muhadjir melalui konferensi pers yang ditayangkan melalui YouTube Kemenko PMK.

Larangan mudik Lebaran berlaku bagi seluruh ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, karyawan swasta dan seluruh masyarakat.

Baca Juga:
Update Covid-19 Global: India Laporkan Lebih dari 90 Ribu Kasus Baru Sehari

Hal tersebut dilakukan selain mengurangi penyebaran virus Corona (Covid-19), juga untuk mensukseskan program vaksinasi yang digalakkan pemerintah.

READ  Anies Terapkan Lagi PSBB Transisi, Satgas Covid: Remnya Mungkin Dikendurkan

Muhadjir mengungkapkan larangan mudik Lebaran mulai berlaku dari 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Imbas Kasus Koboi Fortuner, Aplikasi Restock Kena Rating Jelek dari Netizen

Read Next

RANS Cilegon FC cari desainer buat jersey baru

Tinggalkan Balasan