Slovenia terpeleset di Siprus

Jakarta ((AJ)) – Tim nasional Slovenia terpeleset di Siprus dan menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup H di Stadion GSP, Nicosia, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Gol tunggal Ioannis Pittas untuk Siprus, memaksa Slovenia yang sempat mengawali fase kualifikasi dengan hasil kemenangan mengejutkan atas Kroasia kini berada di kutub magnet yang berbeda.

Hasil tersebut memperpanjang rekam jejak buruk Slovenia yang tak pernah menang melawan Siprus dalam tiga pertemuan terakhir, dua di antaranya berakhir kekalahan.

Kemenangan pertama Siprus membuat mereka untuk sementara melompat ke posisi kedua klasemen Grup H dengan perolehan empat poin, termasuk melewati Slovenia (3) yang kini turun ke peringkat keempat, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pertandingan yang diwarnai dominasi 62 persen penguasaan bola bagi Slovenia itu berlangsung relatif minim peluang baik bagi tuan rumah maupun tim tamu.

Tembakan tepat sasaran pertama baru lahir pada menit ke-36 ketik Jasmin Kurtic melepaskan tendangan jarak jauh yang hanya menghasilkan sepak pojok setelah ditepis kiper Neophytos Michael.

Tiga menit jelang turun minum tuan rumah justru berhasil mencuri keunggulan atas Slovenia ketika umpan Fotios Papoulis mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Pittas ke pojok kiri atas gawang.

Slovenia hampir memberi balasan instan, tetapi penyelesaian Blaz Kramer menyambut umpan Miha Blazic masih mampu diamankan oleh Michael.

Enam menit memasuki babak kedua, Siprus berpeluang menggandakan keunggulan mereka tetapi tembakan spekulasi Papoulis dari luar kotak penalti masih terhentikan kiper Jan Oblak.

Lantas peluang Slovenia lainnya untuk membalas ketika Petar Stojanovic mengirim umpan silang berbahaya dibuang sia-sia dengan sundulan melambung oleh Haris Vuckic.

READ  Tendangan penalti Messi menangkan Argentina atas Ekuador

Slovenia perlahan terus menggempur pertahanan Siprus, tetapi kesempatan lain yang diperoleh pada menit ke-72 melalui sepakan Jure Balkovec kembali mampu diamankan oleh Michael.

Itu tercatat menjadi tembakan tepat sasaran terakhir bagi Slovenia sementara Siprus hampir mengunci kemenangan lebih awal, empat menit jelang bubaran waktu normal, jika saja Pittas bisa menyelesaikan lebih baik umpan kiriman Loizos Loizou.

Kendati demikian, Siprus menutup rangkaian jadwal internasional kali ini dengan sebuah kemenangan, modal positif bagi mereka ketika kembali melanjutkan fase kualifikasi awal September nanti.

Pada awal September, Siprus akan bertandang ke Malta sedangkan Slovenia menjamu Slowakia.


Sumber : (1):

admin

Read Previous

Komnas HAM Sebut TNI Emban Kewajiban Melindungi HAM

Read Next

Komisi VII DPR dukung kepastian hukum kelembagaan BRIN

Tinggalkan Balasan