Siap-Siap Ujian, Ini Tips Belajar Efektif untuk Siswa

Asaljeplak.my.id –Memasuki semester genap, berarti semakin dekat para siswa, terutama kelas 12, dengan ujian akhir. Termasuk, ujian persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Tidak hanya untuk UAS dan Ujian Asesmen Nasional yang baru akan diterapkan pada 2021, seluruh siswa juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi UTBK atau dikenal dengan nama SBMPTN.

Nah, menjelang ujian penting ini, bagaimana tips belajar efektif yang dapat diterapkan? Kali ini, Suara.com rangkum beberapa tips belajar efektif yang bisa kamu ikuti, seperti dilansir dari laman Tutoringforexcellence.

1. Buat catatan
Catatan dapat menjadi kunci agar mempermudah materi yang sedang dibahas. Dengan mencatat poin-poin penting setiap materi, hal ini akan sangat membantu untuk mengingat pelajaran. Selain itu, saat proses mencatat, otak juga akan ikut bekerja, sehingga saat membacanya lagi lebih mudah untuk memahaminya.

2. Pilih waktu dan tempat belajar yang cocok
Pemilihan tempat dan waktu belajar sangat memperngaruhi daya pikir otak. Ketika seseorang belajar di tempat yang kurang nyaman bagi dirinya, hal itu akan membuatnya tidak fokus sehingga materi yang dipelajari tidak diserap dengan baik. Misalnya, ada seseorang yang dapat belajar di tempat yang ramai, tetapi ada juga yang harus hening.

Baca Juga:
Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Masa Pandemi untuk Mahasiswa

Di samping itu, pemilihan waktu juga hal yang harus diperhatikan. Hal ini karena ada seseorang yang bisa belajar malam hari, tetapi juga tidak. Oleh karena itu, mengenali waktu dan tempat yang cocok sangat berpengaruh terhadap keefektifan pelajaran yang diserap.

3. Rencanakan waktu belajar
Membuat perencanaan waktu belajar sangat penting. Hal ini dapat membuat seseorang disiplin terhadap dirinya. Selain itu, dengan membuat perencanaan waktu belajar, seseorang dapat mengetahui kapan ia harus mulai dan harus berhenti. Dengan hal ini, dapat membuat waktu belajar yang ditempuh tidak berlebihan atau kurang.

READ  Klop : Salah kembali berlatih setelah negatif COVID-19

4. Mempelajari ulang materi
Mempelajari materi yang dijelaskan hari itu akan membuat otak lebih mudah mengingat hal-hal yang disampaikan. Hal ini karena otak masih menyimpan memori mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengulang kembali materi yang dipelajari sehingga kamu akan semakin mengerti.

5. Cari strategi belajar yang sesuai
Setiap orang memiliki cara atau strategi belajar yang berbeda. Ada yang cara belajarnya dengan mendengarkan penjelasan, namun ada juga yang cara belajarnya harus sambil mendengarkan lagu. Selain itu, ada juga yang harus menggunakan visual untuk bantuan memahami materi. Oleh karena itu, mengetahui strategi atau cara belajar yang paling cocok denganmu akan sangat membantu agar materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik.

6. Buat ujian atau evaluasi
Mempelajari materi saja tidak begitu efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan ujian sebagai evaluasi sejauh mana materi sudah dipahami. Hal ini dapat dilakukan bersama teman, kelompok, atau keluarga untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki. Selain itu, membuat ujian atau evaluasi bersama seseorang akan lebih mudah karena bisa saling memberikan masukan satu sama lain.

Baca Juga:
Catat! ini 6 Bahasa Asing yang Sulit untuk Dipejalari

7. Praktik
Jika materi yang dipelajari berhubungan dengan praktik mengenai suatu hal, mempelajari teori saja tidak cukup. Untuk itu, dibutuhkan praktik untuk mengetahui sejauh mana materi tersebut sudah dipahami.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Ada Rasa Minder saat Riko Simanjuntak akan Gabung Persija

    Read Next

    Kominfo pastikan tak ada gangguan frekuensi penerbangan

    Tinggalkan Balasan