Setelah Uni Emirat Arab, Giliran China Tiba di Mars

Asaljeplak.my.id –Badan antariksa China, pada Rabu malam (10/2/2021), mengumumkan bahwa wahana antariksa Tianwen-1 sudah berhasil tiba di orbit Planet Mars. Dengan keberhasilan ini, Tiongkok menjadi negara keenam dalam sejarah yang sudah berhasil mendatangi planet merah tetangga Bumi itu.

Sebelumnya pada Selasa malam Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan bahwa wahana antariksa Al Amal miliknya telah berhasil masuk orbit Mars. UEA menjadi negara kelima dan negara Arab pertama dalam sejarah yang tiba di Mars.

Jika Al Amal akan beroperasi di orbit Mars untuk meneliti atmosfer Planet Merah itu, Tianwen-1 akan memiliki misi lebih rumit: pada sekitar Mei atau Juni wahana itu akan meluncurkan sebuah robot penjelajah berbobot 240 km ke permukaan Utopia Planitia, belahan utara Mars.

Sejauh ini baru Uni Soviet dan Amerika Serikat yang berhasil mendaratkan kendaraan robotik atau rover di permukaan Mars. Adapun orbit Mars sebelumnya sudah berhasil dicapai oleh wahana milik Uni Soviet, AS, Eropa, dan India.

Baca Juga:
UEA Rayakan Keberhasilan Misi, 2 Bulan Mars Muncul di Langit Dubai

Selain menerjunakan rover, Tianwen-1 juga akan bertugas meneliti atmosfer Mars dan memiliki peranti yang bertugas memantau permukaan planet merah tersebut.

Tianwen-1 diluncurkan dari Tiongkok pada 23 Juli 2020 dari Tiongkok dan menghabiskan waktu sekitar tujuh bulan sebelum tiba di Mars. Adapun Al Amal meluncur dari pangkalan antariksa Jepang pada 19 Juli 2020.

Rencananya pada 18 Februari mendatang giliran wahana antariksa AS, Perseverance, yang memasuki orbit Mars. Segera setelah masuk ke orbit Mars, Perseverance rencananya akan langsung mendarat ke permukaan planet tersebut.

Di perut Perseverance, tersimpan sebuah helikopter mini bernama Ingenuity. Jika Perseverance bertugas meneliti permukaan Mars, maka Ingenuity punya misi khusus untuk menjajaki kemampuan terbang di atas permukaan Mars.

Perseverance akan bergabung dengan dua kendaraan robotik lain AS, Curiosity dan InSight, yang masih beroperasi di Mars. Jika Tianwen-1 berhasil mendaratkan kendaraan penjelajahnya pada Mei atau Juni nanti, maka akan ada empat rover yang mengarungi gurun Mars. [Reuters]

READ  Tak Utamakan Hasil Lawan UEA, Bima Sakti Bakal Lakukan Ini di Timnas U-16

Baca Juga:
Berukuran 70 Meter, Antena Raksasa Ini Akan Dukung Misi Mars China

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

DPR RI tetapkan calon anggota Dewas BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Read Next

Terkuak! Eks Pejabat MA Nurhadi Terima Fee Urus Perkara Cerai di Tingkat PK

Tinggalkan Balasan