Seru, Alumni Universitas Budi Luhur Tes Motor Listrik Nasional BL-SEV01

Asaljeplak.my.id –Beberapa saat lalu, sepeda motor listrik BL-SEV01 meluncur dari kampus Universitas Budi Luhur. Kekinian, produk roda dua bertenaga non-minyak bumi ini diuji coba oleh rider alumni kampus yang sama.

Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 diajak mengaspal uji coba pertama di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tujuannya mengetahui handling motor listrik itu trek lurus serta tikungan.

Sementara rider alumni Universitas Budi Luhur yang menggebernya adalah Galih Aji Prakoso. Kelahiran 1993 dan telah berlaga antara lain di Yamaha Sunday Race, Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Honda CBR Race Day, dan Kawasaki Racing Academy Race.

“Ini adalah pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul, dengan menggandeng pembalap profesional sebagai tester. Nantinya tester rider Universitas Budi Luhur ini akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik,” jelas Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono.

Baca Juga:
Pertamina Siap Produksi Baterai Motor Listrik

BL-SEV01 beraksi di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat [Dok Universitas Budi Luhur].BL-SEV01 beraksi di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat [Dok Universitas Budi Luhur].

“Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,” lanjutnya.

Adapun spesifikasi teknis BL-SEV01 didukung motor listrik BLDC 96 volt, baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 ampere, yang menghasilkan tenaga 16 kW. Recharging prosesnya empat jam.

Test Result BL-SEV01:

  • Menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus 900 m.
  • Top speed 100 km per jam.
  • Masalah di tikungan S kecil, masuk paddock pit dan langsung dianalisa.
  • Penggantian gear set.
READ  Kymco Downtown 250i, Bongsor Namun Bertenaga

“Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kami akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap. Oleh karena itu nanti akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi. Saya akan support terus pengembangan motor listrik BL-SEV01 sebagai karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Budi Luhur serta bekerja sama dengan LIPI” tutur Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Sementara Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M, menyatakan rasa bangganya atas karya tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur dengan terciptanya motor listrik BL-SEV01.

Baca Juga:
Hilang dari Website Resmi, Harley-Davidson Berhenti Jualan Motor Listrik?

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Tak Mau Seperti Dirinya, Mona Ratuliu Beri Tiket Honeymoon ke Kesha Ratuliu

Read Next

Pertamina ajak masyarakat Manado dukung Program Langit Biru

Tinggalkan Balasan