Sepekan, perpanjangan BST hingga libur panjang Desember 2020

Jakarta ((AJ)) – Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews.com mulai dari bantuan sosial tunai yang akan diperpanjang sampai 2021 hingga Satgas COVID-19 yang bisa mengeluarkan rekomendasi terkait libur panjang Desember 2020.

1. Bantuan Sosial Tunai diperpanjang hingga 2021

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan penyaluran Bantuan Sosial Tunai akan diperpanjang hingga Juni 2021, meski untuk sementara dana bantuannya lebih kecil.

“Presiden Joko Widodo sudah menyetujui soal perpanjangan Bantuan Sosial Tunai. Namun, untuk sementara dananya lebih kecil, yakni Rp200.000 per keluarga penerima manfaat,” ujar Juliari P. Batubara saat acara penyerahan Bantuan Tunai Sosial kepada keluarga penerima manfaat melalui PT Pos Indonesia (Persero) Periode 2020 di Medan, Jumat (13/11).

2. Limbah medis meningkat hingga 50 persen saat pandemi

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati pandemi COVID-19 telah menyebabkan kenaikan volume limbah medis sekitar 30 hingga 50 persen.

“Berdasarkan laporan dari 34 provinsi di Indonesia, hingga 15 Oktober 2020, tercatat ada 1.662,75 ton limbah COVID-19,” kata Vivien dalam acara Seruan Nasional Akselerasi Penanganan Limbah Medis, dipantau secara virtual dari Jakarta, Jumat (13/11).

3. Satgas COVID-19 bisa rekomendasikan libur panjang Desember 2020

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan pihaknya masih akan meninjau kemungkinan memberi rekomendasi kebijakan soal libur panjang akhir tahun pada Desember 2020.

“Sangat mungkin Desember nanti kami beri saran kepada Presiden untuk tetap memberikan libur panjang kepada masyarakat dengan catatan tetap taat pada protokol kesehatan,” kata Doni dalam jumpa pers daringnya yang dipantau di Jakarta, Sabtu (14/11).

4. Toko elektronik dan emas di Pasar Larangan Sidoarjo terbakar

Dua toko elektronik dan dua toko emas yang ada di kompleks Pasar Larangan, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur terbakar pada Selasa (10/11) sekitar pukul 10.30 WIB.

“Ada enam unit kendaraan pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk membantu proses pemadaman api. Kebakaran terjadi di lantai dua masing-masing toko,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwijo Prawito.

5. Volume magma Gunung Merapi diperkirakan melebihi 2006

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memperkirakan berdasarkan pemantauan volume magma di Gunung Merapi saat ini telah melebihi volume magma gunung tersebut pada 2006.

“Sekarang ini menurut data-data yang ada itu (volume magma, red.) sudah melebihi tahun 2006. Artinya, kemungkinan volume kubah lava ini adalah akan lebih besar dari tahun 2006,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida di Pengungsian Merapi Balai Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Selasa (10/11).


Sumber : (1):

admin

Read Previous

Gol tunggal Kante pastikan Prancis lolos ke semifinal UEFA Nations League

Read Next

Tinjau Pembangunan Stadion JIS, Petinggi Persija Merinding

Tinggalkan Balasan