Sempat Disebut Raffi Ahmad & Ari Lasso, Saham MCAS Ambles 5%

Jakarta, CNBC Indonesia – Saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) pada perdagangan sesi II hari ini ambrol 5,03% ke posisi Rp 4.340/saham. Padahal pada pekan lalu, yakni Selasa (5/1/21) saham MCAS sempat melesat 8,33% ke Rp 4.550/saham.

Mengacu data BEI, total transaksi saham MCAS hari ini mencapai 15,5 miliar dengan volume saham yang ditransaksikan mencapai 3,5 miliar lembar saham.

Sebelumnya pada Selasa (5/1/21) lalu, saham MCAS langsung melesat setelah dua artis/influencer senior yakni Raffi Ahmad dan Ari Lasso menyebut saham MCAS di postingan Instagram mereka masing-masing.

Mereka mengunggah di akun Instagramnya mempromosikan salah satu saham milik Grup Kresna, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

Hal itu membuat investor kawakan Indonesia, Lo Kheng Hong juga terusik dengan fenomena ini. Pria yang kerap dijuluki Warren Buffett Indonesia ini, rupanya khawatir, cara-cara seperti itu tidak akan mendidik investor-investor pemula yang baru belajar investasi saham.

Lo, demikian akrab disapa, menekankan bagi investor yang baru atau ingin masuk ke pasar modal, ingin berinvestasi di saham tertentu, maka yang pertama bisa dilakukan membaca laporan tahunan atau annual report dan laporan keuangan (lapkeu) emiten.

“Pesan saya kepada investor baru agar membaca annual report dan laporan keuangan, agar kita tahu, apa yang kita beli, jangan membeli karena rumor, jangan membeli karena info dari teman, sangat berisiko dan sangat berbahaya,” kata Lo kepada CNBC Indonesia, Selasa (5/1/2021).

“Jangan membeli kucing dalam karung, tapi kita harus tahu apa yang kita beli, melalui membaca annual report dan laporan keuangan.” kata Lo.

Merespons munculnya fenomena influencer saham ini, Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa, Laksono Widodo mengatakan, otoritas bursa akan mengajak diskusi. Peran mereka, kata Laksono, penting untuk mengenalkan investasi saham ke masyarakat luas.

“Namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para followers-nya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan,” kata Laksono, kepada awak media, Selasa (5/1/2021).

READ  Anies Tegaskan Tak Tambah Saham DLTA, Malah Mau Dijual!

Tidak hanya itu, BEI juga mengajak para pemengaruh itu mengikuti Sekolah Pasar Modal agar mempunyai pemahaman yang lebih memadai mengenai investasi di pasar modal.

Merespons tanggapan tersebut, Manajemen PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) membantah telah melakukan endorsement kepada dua publik figur yang akhir-akhir ini gencar merekomendasikan saham M Cash di media sosial, yakni Raffi Ahmad dan penyanyi Ari Lasso.

Direktur merangkap Sekretaris Perusahaan, Rachel Stephanie M. Siagian, dalam penjelasannya di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia menyampaikan, perseroan ataupun grup Perseroan tidak melakukan endorsement dengan kedua publik figur tersebut untuk merekomendasikan saham perseroan.

“Sehubungan dengan testimoni dari kedua publik figur yang dimaksud, perlu kami sampaikan bahwa keputusan investasi dari Bapak Raffi Ahmad dan Bapak Ari Lasso merupakan keputusan personal dan Perseoan tidak memiliki hubungan bisnis dengan kedua public figure tersebut,” kata Rachel, Selasa (5/1/2021).

Rachel melanjutkan, perseroan juga tidak memiliki hubungan bisnis dengan kedua publik figur tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)

Berita ini telah terbit pertama kali di CNBC

admin

Read Previous

Kabar Baik, Bos Aprilia Sudah Siuman Usai Koma karena Kena Virus Corona

Read Next

Kevin Feige tanggapi rumor pemeran di “Spider-Man 3”

Tinggalkan Balasan