Selain Wisata Otomotif Bali, IOF Gerakkan Perjalanan Off-Road

Asaljeplak.my.id –Beberapa saat lalu, Ketua MPR RI serta Ikatan Motor Indonesia atau IMI Pusat, Bambang Soesatyo berkunjung ke Bali. Tujuannya adalah menilik kesiapan trek gokart dan berbagai cabang olah raga otomotif yang akan dikemas dalam wisata otomotif Bali. Kekinian, Indonesia Off-road Federation atau IOF bersiap membantu memulihkan pariwisata Nasional yang terpuruk di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dari kantor berita Antara, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IOF, Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian menyatakan pehobi otomotif cabang off-road bisa membantu menggerakkan beberapa sektor ekonomi. Salah satunya sektor pariwisata.

Caranya, off-roader bisa mengembangkan atau menyediakan kendaraan khusus untuk fasilitas wisata. Antara lain untuk menerabas hutan, menyusuri pantai hingga menjelajah wisata alam bebas lainnya.

IOF dan IMI mengerahkan mobil off road untuk mengevakuasi mobil yang terendam banjir di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). [Suara.com/Yosea Arga Pramudita]IOF dan IMI mengerahkan mobil off road untuk mengevakuasi mobil yang terendam banjir di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Sebagai ilustrasi kegiatan off-road untuk situasi tanggap bencana [Suara.com/Yosea Arga Pramudita]

“Sekarang sudah mulai. Teman-teman pegiat, offroader, manufaktur, perakit, yang membuat kendaraan dengan spesifikasi untuk wisata off-road,” papar n Pariwisata Lewat Dunia Off-road” di Indonesia Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian dalam diskusi “Kebangkitan Pariwisata Lewat Dunia Off-road” di Indonesia International Motor Show atau IIMS Virtual 2021, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga:
Wisata Otomotif Bali: Lengkapi Destinasi Andalan Pulau Dewata

Selain sebagai armada transportasi alam bebas, pegiat off-road juga ditantang agar memodifikasi kendaraannya menjadi mobil camping atau campervan untuk menginap.

“Dari teman-teman off-roader, khususnya teman-teman IOF, saat ini mampu menggerakkan beberapa sektor ekonomi, antara lain yang berkembang sekarang tipe-tipe SUV yang berjenis camper,” tandasnya.

Dan kegiatan ini tak melulu untuk kendaraan roda empat, para pengguna kendaraan roda dua pun bisa menggunakan armadanya sebagai alat transportasi di lokasi-lokasi tertentu.

“Selain itu kami membawahi kendaraan roda dua atau sepeda motor (2×1) untuk terabas dan sebagainya. Kami sudah pernah menyelenggarakan event internasional “Uncle Hard” di Kalimantan Selatan, dan diikuti pembalap motor dari 9 negara besar yang juara dunia,” lanjut Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian.

READ  Tips Berhenti Aman Bagi Pemotor Berpostur Mungil saat Main Motor Trail

Ia menjelaskan, kegiatan wisata itu digiatkan melalui pengurus wilayah, salah satunya Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang menggiatkan dunia pariwisata dan off-road serta program rescue di daerahnya.

Baca Juga:
Ini Fitur Super Select 4WD-II di Mitsubishi New Triton

Senada, Gubernur Gorontalo Rusli Habibi juga mendorong IOF menjadi mitra pemerintah daerah untuk membantu pengiriman bantuan ke lokasi yang sulit dijangkau transportasi reguler.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Mikhavita Wijaya Istri Bams Tepis Jadi Selingkuhan Hotma Sitompul

Read Next

ADM ajak guru SMK kenali fitur pada mobil masa kini

Tinggalkan Balasan