Selain Jago Main Gitar, Ini Bukti Cemerlangnya Alip Ba Ta di Dunia Otomotif

Asaljeplak.my.id –Alief Gustakhiyat atau biasa dikenal dengan sebutan Alip Ba Ta merupakan seorang Youtuber yang banyak dikenal karena kemampuan mencengangkan saat dirinya bermain gitar.

Tak jarang, beberapa videonya berhasil mengundang decak kagum dari pemirsa Youtube luar negeri.

Namun, tak cuma di situ kebolehan dari gitaris fingerstyle asal Ponorogo, Jawa Timur ini. Pria 31 tahun tersebut rupanya cukup ahli mengenai seluk beluk dunia otomotif.

Dalam sebuah video di Youtube, Alief rupanya sempat melontarkan kritik pada sebuah proyek sepeda motor berbahan bakar listrik.

Baca Juga:
Era Motor Terelektrifikasi India, Inilah Skuter Listrik TVS iQube

Video tersebut diunggah 2016 lalu oleh salah satu kanal milik televisi swasta tanah air, memperlihatkan motor prototipe rancangan anak SMK di Jember.

Motor tersebut diklaim mampu berjalan selama 8 jam dengan bahan bakar 1/2 liter air yang telah dibubuhi soda api. Motor ini dapat melaju hingga 40 km/jam.

Alief Gustakhiyat / Alip Ba TaAlief Gustakhiyat / Alip Ba Ta

Motor ini dirancang dengan berbagai material bekas, seperti pipa alumunium dari antena televisi yang berfungsi sebagai tabung generator penyimpan air.

Bagaimana sistem kerja dari motor ini? Air yang sudah dibubuhi soda api, lalu dialiri tegangan listrik 12 volt hingga mendidih dan menghasilkan uap. Agar optimal, bagian tersebut diberi filter. Uap air inilah yang menggerakkan karburator.

Tak semua air bisa digunakan. Salam video tersebut, dibeberkan bahwa cairan yang bisa digunakan harus memiliki kadar asam rendah.

Baca Juga:
Tetap Moncer di Tahun Pandemi, Segini Angka Jualan Motor KTM secara Global

Terkait hal tersebut, Alip mengaku bahwa dirinya pernah mencoba proyek serupa, namun terdapat beberapa kendala.

Komentar Alip Ba Ta terkait motor bertenaga air. (Youtube)Komentar Alip Ba Ta terkait motor bertenaga air. (Youtube)

READ  Youtuber Ngotot Minta Endorse Drone tapi Ditolak, Endingnya Bikin Salut

“Secara teknis itu gak akan efektif, pasti tekor suplay arusnya, ibarat ‘besar pasak daripada tiang’,” tulisnya.

“Generator motor standart biasanya mampu mensuplay arus berada di kisaran 3,5 A – 9 A. Nah sedangkan itu aki yang dipakai di motor itu dia pake aki mobil 35 A untuk proses hidrolisisnya (pemecahan H2O menjadi H2 + O2). Generator sepeda motor mau lilitan emailnya dibikin segede apa biar bisa suplay arus 35 A? Mau dimodif pake dinamo ampere mobil pun pasti mustahil, karena motor cuma punya 1 silinder, gak akan kuat…”

“Kalau pun misalnya dia berhasil bikin generator listrik sebesar itu di sepeda motor, lha kan mendingan energi listriknya itu langsung untuk tenaga pemutar motor listrik, lebih efisien dan yang pasti nggak ada gas buang (emisi 0).. & 1 hal lagi : proses hidrolisis seperti ini sangat berbahaya, karena gas hidrogen itu sangat liar, tidak berwarna, tidak berbau, ledakannya bersifat exsplosive (ledakannya sangat cepat), kalo di RPM tinggi & terjadi “api balik” tu tabung hidrolisis bisa meledak & wasallam sodara-sodara .. 2009 – 2010 saya & kawan2 bengkel pernah riset ini,” ungkap Alip Ba Ta.

*Untuk melihat video terkait, klik di sini.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Sempat Grogi, Cimoy Montok Godain Rizky Billar di Depan Lesti Kejora

Read Next

Ford hentikan kemitraan mobil listrik dengan Zotye

Tinggalkan Balasan