Sejarah Maserati Tipo 300S

Jakarta ((AJ)) – Pada 6 November 1955, Maserati Tipo 300S yang dikendarai Juan Manuel Fangio menjadi yang pertama mengambil bendera kotak-kotak pada GP Venezuela, menandai dimulainya dua tahun kesuksesan besar yang mendorong reputasi “Trident Brand” di tingkat internasional.

Dalam siaran pers, Senin, perusahaan otomotif Italia itu menyatakan bahwa Maserati “lahir di trek” dengan membawa DNA balap unik yang diwariskan oleh Maserati bersaudara serta para pembalap lainnya. Pada era baru, Maserati akan membawa Supercar MC20 terbaru ke dunia balap.

Maserati Tipo 300S dibuat pada tahun 1955 sebagai evolusi dari 250S kursi tunggal. Mobil itu menjadi simbol Maserati dalam balap internasional hingga 1959.
 

Pada tahun 1954, staf teknis Maserati mengembangkan prototipe 250S bermesin 2.5 liter 230 hp dari 250F, kemudian menghasilkan enam unit mesin 3.0 liter yang lebih bertenaga, berkinerja tinggi, namun memiliki tekanan mekanis lebih sedikit karena rasio kompresi yang lebih rendah dan RPM yang juga sangat rendah.

Arsitektur dan detail mesin lainnya sama dengan enam unit mesin 2.5 liter, termasuk dua camshaft overhead dengan pengapian ganda. Konsep itu kemudian dipakai pada mobil sport serta diadopsi untuk produksi mobil standar.

Dari sudut pandang teknis, 300S dianggap sebuah “mahakarya” karena memiliki posisi duduk dengan katup berdiameter tinggi dan lubang dua busi untuk pengapian ganda yang terlihat jelas di ruang bakar berbentuk setengah bola mesin.

Suspensi depan menggunakan wishbones ganda dan pegas heliks dengan peredam kejut teleskopik koaksial. Mobil itu memakai rem “brake drum” dengan sirip radial dan lubang untuk penyebaran panas akibat gesekan.
 

Kerangka mobil dimodifikasi untuk merespons tekanan yang lebih besar yang berasal dari peningkatan bobot, dengan teralis berbentuk tabung oval dan bulat.

Desain bodywork dirancang oleh Fantuzzi, menghadirkan garis desain mobil sport yang kuat namun proporsional dan menarik.

Ventilasi bersirip ditampilkan di samping untuk mencegah udara tersendat di ruang mesin, sedangkan pipa knalpot kembar menjalar di bagian bawah sisi kiri yang berakhir di dekat roda belakang.

Ekor mobil ini terlihat lebih besar karena berfungsi sebagai tangki bahan bakar berukuran 150 liter, tangki oli samping 20 kg, dan ban serep.

450S baru yang lebih bertenaga diperkenalkan pada tahun 1957, meskipun 300S tetap diproduksi hingga tahun 1959. Jumlah total mobil Tipo 300S yang dibuat dari tahun 1955 hingga 1959 adalah 27 unit.

  • Tags
  • Maserati
  • Maserati tipo
  • sejarah mobil

Sumber : (1):

admin

Read Previous

Membentuk Ekosistem Kendaraan Listrik, Bisa Mulai dari Sepeda Motor

Read Next

11 Kebutuhan Dasar Masyarakat Dipastikan Tersedia hingga Akhir 2020

Tinggalkan Balasan