Samsung Akan Perkenalkan Sensor ISOCELL 200MP, Melebihi Mata Manusia?

Asaljeplak.my.id –Samsung bersiap meluncurkan inovasi terbaru pada kameranya. Tipster populer Ice Universe dalam tweetnya mengatakan bahwa Samsung berencana memperkenalkan sensor kamera ISOCELL berukuran hingga 200MP.

“Samsung ISOCELL akan meluncurkan banyak inovasi sensor pada 2021. Sensor 200MP akan segera hadir,” jelas @UniverseIce dalam akun Twitternya, dikutip dari GSM Arena, Minggu (10/1/2021).

Sayangnya, bocoran itu tidak menampilkan informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi sensor kamera, seperti ukuran piksel maupun ukuran sensor.

Dalam rencana jangka panjang, Samsung dikabarkan tengah mengerjakan sensor kamera berukuran 600MP. Dikutip dari GSM Arena, Selasa (8/12/2020), sensor 600MP yang dikerjakan ini bakal menghadirkan video dengan format 4K dan 8K.

Baca Juga:
Diklaim Pertama di Dunia, Samsung Galaxy Chromebook 2 Dibekali Layar QLED

Samsung Galaxy Note 20 Ultra. [Suara.com/Tivan Rahmat]Samsung Galaxy Note 20 Ultra. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Dengan sensor ini juga, Samsung mengupayakan agar video yang dimainkan bisa di-zoom tanpa merusak kualitas.

Meski begitu, ada risiko menghadirkan Sensor ISOCELL 600MP. Perusahaan asal Korea Selatan ini harus menyelesaikan masalah pada kapasitas serta benjolan kamera.

Sebab, sensor 600MP yang dihasilkan bakal memakan 12 persen area ponsel. Sensor ini juga akan menghasilkan tonjolan setebal 22m.

Sebagai perbandingan, Galaxy Note 20 memiliki ketebalan 8,3 mm. Akan sangat aneh apabila sebuah tonjolan kamera saja memiliki ketebalan hingga 22mm.

Untuk itu, dikutip dari Phone Arena, Senin (8/12/2020), Samsung dikabarkan akan menggunakan teknologi binning piksel ISOCELL yang memastikan tonjolan kamera tidak akan terlalu besar.

Baca Juga:
Gelar Exynos On, Samsung Perkenalkan Chipset Anyar Ini

Rencana Samsung membuat sensor 600MP ini sebenarnya sudah dilontarkan sejak awal tahun. Saat itu, Yongin Park selaku Executive Vice President of Samsung’s sensor business unit mengungkapkan bahwa perusahaan ingin membuat sensor kamera yang dapat melampaui mata manusia.

READ  Samsung gandeng Aston Martin garap Galaxy Z Fold 2 edisi terbatas

Sebagai informasi, ukuran sensor mata manusia memiliki sensor sekitar 576 megapiksel.

Namun, Park mengatakan bahwa membuat sensor itu bukanlah hal mudah. Sebab, menghasilkan terlalu banyak piksel pada sensor membutuhkan ukuran yang besar. Apabila dipaksakan, seperti mengurangi ukuran piksel per unit misalnya, maka itu akan membuat gambar menjadi kusam.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

Megawati: RI harus miliki data tunggal yang digunakan semua K/L-Pemda

Read Next

Megawati Sentil Jokowi soal Data Desa: Dari Dulu Akurasinya Tidak Benar

Tinggalkan Balasan