• September 22, 2020

Rindu Jajanan Bali? Yuk Buat Resep Kue Clorot Khas Pulau Dewata Ini

Asaljeplak.my.id –Masa pandemi membuat beberapa orang akhirnya menunda agenda liburan mereka ke Bali. Tentu saja, pasti tidak sedikit travelers yang merindukan cita rasa khas jajanan Bali, kue clorot misalnya.

Clorot sendiri sebenarnya merupakan kue tradisional yang terbuat dari bahan tepung beras dan santan kemudian dikemas menggunakan janur atau daun kelapa.

Tak hanya Bali saja, kue clorot ini juga populer dan menjadi salah satu jajanan khas Purworejo serta Banyuwangi. 

Kue ini biasanya dapat dengan mudah kita temukan di sentra oleh-oleh maupun pasar tradisional. Cita rasa clorot ini cenderung manis dan legit, jadi tak heran jika banyak orang menyukai kue clorot dengan bentuk unik ini.

Bagi kalian yang rindu akan cita rasa khas jajanan Bali, berikut Suara.com bagikan resep kue clorot dari laman Cookpad, Kamis (17/9/2020).

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 400 ml santan kental
  • 175 gram gula merah
  • 2 helai daun pandan, ikat simpul
  • 1/4 sendok teh garam
  • daun pisang

Rindu Jajanan Bali? Yuk Buat Resep Kue Clorot khas Pulau Dewata Ini. (Instagram/@sirenini)Rindu Jajanan Bali? Yuk Buat Resep Kue Clorot khas Pulau Dewata Ini. (Instagram/@sirenini)

Langkah membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan santa, gula merah, daun pandan dan juga garam ke dalam panci. Masak sambil diaduk sampai mendidih menggunakan api kecil pada kompor. Dinginkan lalu saring.
  2. Berikutnya, dalam baskom campurkan tepung beras dan tepung tapioka. Setelah itu, tuang campuran santan serta gula merah kemudian aduk hingga merata.
  3. Sementara itu, buat wadah kerucut menggunakan daun pisang. Caranya, ambil 1 lembar daun pisang ukuran 25 x 10, kemudian gulung kerucut mengikuti arah garis melintang daun dan sematkan lidi.
  4. Berdirikan wadah kerucut dengan menggunakan stainless steel, isi adonan yang sudah dimasak tadi. Kalian juga bisa menggunakan ampas kelapa untuk memberdirikan wadah kerucut di dalam kukusan.
  5. Kukus kue clorot selama 20 menit atau sampai matang dan teksturnya sedikit padat. Setelah matang, pindahkan kue clorot dari kukusan ke piring saji, kemudian hidangkan selagi hangat.
READ  Daftar mobil baru yang meluncur semester dua

Nah, itu dia tadi resep clorot ala Bali yang siap melepas rindumu akan jajanan Pulau Dewata. Selamat mencoba di rumah, ya!

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

admin

Read Previous

5 Hits Bola: Tak Punya Uang Tebus Depay, Koeman Minta Barcelona Jual Pemain

Read Next

“Hogwarts Legacy” buka dunia Harry Potter untuk PS5 dan Xbox Series X

Tinggalkan Balasan