Ratusan Musang Langka di Amerika Utara Sudah Dapat Vaksin Covid-19

Asaljeplak.my.id –Sebanyak ratusan musang langka Mustela nigripes telah mendapat vaksin Covid-19. Mengutip Live Science, Sabtu (2/1/2021) hewan ini disuntik vaksin lebih dulu lantaran terancam punah dan rentan mati karena terinfeksi virus SARS CoV 2 penyebab sakit Covid-19.

Musang langka ini divaksinasi, lantaran Minks — sepupu dekat musang telah ditemukan terinfeksi virus corona di peternakan. Bahkan beberapa dikabarkan lepas, sehingga dikawatirkan virus menyebar di alam liar.

Musang langka Mustela nigripes adalah hewan yang hidup di padang rumput Utara Great Plains, Amerika Utara.

Hewan ini awalnya diyakini sudah punah, namun beruntung ahli menemukan beberapa ekor di Wyoming pada 198. Setelahnya penangkaran dan program pelepasan dibuat dan diperkirakan masih ada 370 musang langka ini di alam liar.

Baca Juga:
Cek Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Klik di Sini

Penyuntikkan 100 hingga 20 ekor musang langka ini juga dilakukan sebagai bentuk eksperimen vaksin Covid-19 terhadap hewan, di mana kelompok musang ini diberi vaksin atau pil plasebo berbeda.

Pusat Konservasi musang langka di Fort Collins, Colorado ini juga sengaja menyisakan 60 musang yang tidak divaksinasi. Sejauh ini musang yang divaksinasi terpantau sehat dan hasil tes menunjukkan jika dalam darah hewan ini terbentuk antibodi yang diharapkan.

Namun hingga saat ini belum jelas apakah antibodi ini benar-benar melindungi mereka dari Covid-19, itulah mengapa uji efikasi diperlukan, serupa dengan uji klinis tahap 3 akhir pada manusia dalam proses uji vaksin.

Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

READ  Hindari Kepunahan, Ilmuwan Beri Musang Vaksin Covid-19

admin

Read Previous

Lupakan Euforia 2020, AC Milan Diminta Jaga Mentalitas Pemenang

Read Next

Tur Asia: Tim Bulutangkis Indonesia Berangkat ke Bangkok 4 Januari

Tinggalkan Balasan