PSM Makassar melaju ke perempat final Piala Menpora 2021

Malang, Jawa Timur ((AJ)) – PSM Makassar memastikan satu tempat di babak perempat final turnamen pramusim Piala Menpora 2021, meskipun mendapatkan hasil imbang 2-2 pada laga terakhir Grup B melawan Borneo FC, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (31/3).

Pada menit-menit awal, kedua tim langsung bermain menekan. PSM Makassar yang sesungguhnya hanya butuh skor imbang untuk melaju ke babak perempat final Piala Menpora 2021, tetap bermain menekan dengan mengandalkan Yakob Sayuri sebagai kreator serangan.

Hingga menit ke-5, kedua tim masih berusaha menciptakan peluang. Borneo FC yang sudah dipastikan tidak lolos babak selanjutnya, tetap memberikan perlawanan. Beberapa kali barisan pertahanan PSM Makassar harus bekerja ekstra menghadapi gempuran Borneo FC.

Menit ke-9, Yakob Sayuri mendapatkan peluang emas. Namun, tendangan yang dilepaskan pemain PSM Makassar itu masih melebar di sisi kanan gawang Borneo FC yang dijaga oleh Angga Saputro.

Hingga menit ke-15, Borneo FC tampil lebih menekan, sementara PSM Makassar lebih mengandalkan serangan balik. Beberapa kali Borneo FC mendapatkan peluang yang cukup baik, namun belum mampu merobek gawang PSM Makassar yang dijaga Hilman Syah.

Meskipun hanya memanfaatkan serangan balik, PSM Makassar melalui Yakob Sayuri lagi-lagi merepotkan barisan pertahanan Borneo FC. Sayangnya, peluang yang terjadi belum mampu dijadikan gol oleh para pemain PSM Makassar.

Namun, pada akhirnya Yakob Sayuri berhasil mengelabui barisan pertahanan Borneo FC dan merangsek hingga ke dalam kotak penalti. Yakob memberikan umpan kepada Saldi, yang mampu dieksekusi dengan sempurna dan menaklukkan Angga Saputro. PSM Makassar unggul 1-0 pada menit ke-19.

Tidak lama berselang, Borneo FC mendapatkan peluang melalui tendangan bebas tepat di luar kotak penalti. Namun, tendangan Guy Junior masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Hilman Syah.

READ  Persebaya Andalkan Darah Muda di Piala Menpora 2021

PSM Makassar mendapatkan hadiah tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Borneo FC pada menit ke-23. Zulham Zamrun yang melakukan eksekusi tendangan bebas tersebut, mampu menaklukkan penjaga gawang Borneo FC dan memperbesar keunggulan. Kedudukan 2-0 untuk PSM Makassar.

Menit ke-29, tangan pemain belakang PSM Makassar Erwin Gutawa menyentuh bola di kotak penalti. Wasit Asep Yandis memberikan hadiah tendangan penalti kepada Borneo FC, yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Guy Junior. Kedudukan berubah menjadi 2-1 pada menit ke-30.

Pemain Borneo FC Terens Owang mendapatkan peluang melalui umpan terobosan pada menit ke-34. Namun, pergerakan Terens mampu dihentikan oleh pemain belakang PSM Makassar, sehingga kedudukan belum berubah. 

Memasuki lima menit akhir babak pertama, tempo permainan mulai meningkat. Kedua tim saling serang dan menciptakan beberapa tekanan terhadap masing-masing barisan pertahanan. Memasuki akhir injury time babak pertama, pemain Borneo FC Guy Junior mendapatkan kartu kuning karena melakukan pelanggaran.

Hingga turun minum, kedudukan belum berubah 2-1 untuk keunggulan PSM Makassar.

Memasuki babak kedua, Borneo FC langsung tampil menekan. Namun, PSM Makassar juga tidak tinggal diam. Menit ke-50, Saldi mendapatkan peluang di depan gawang, namun tendangannya masih bisa ditepis penjaga gawang Borneo FC.

Pada menit ke-55, Borneo FC mengganti dua orang pemain, Rifal Lastori dan Sihran Amarullah masuk menggantikan Sultan Samma dan Muhammad Fajar Fathurrahman. Tidak lama berselang, PSM Makassar juga mengganti pemain, Saldi ditarik keluar, digantikan Aji Kurniawan.

Borneo FC yang terus menyerang pertahanan PSM Makassar akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui pemain yang baru saja masuk, Rifal Lastori pada menit ke-63. Kedudukan berubah imbang menjadi 2-2.

Usai kedudukan 2-2, Borneo FC kembali melakukan pergantian pemain. Diego Michiels dan Wildansyah masuk menggantikan Muhammad Ilham dan Andika Kurniawan. Borneo FC terus tampil menekan pertahanan PSM Makassar.

READ  Panitia klaim berhasil cegah penyebaran COVID-19 pada Piala Menpora

Memasuki menit ke-70, tempo permainan mulai meningkat. Borneo FC yang sudah dipastikan tidak akan melaju ke babak perempat final Piala Menpora 2021, terus memberikan serangan bertubi-tubi pada barisan pertahanan PSM Makassar.

Diego Michiels mendapatkan kartu kuning pada menit ke-72 karena melakukan pelanggaran cukup keras. Borneo FC terus menekan PSM Makassar, namun rapatnya barisan pertahanan tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur itu masih mampu meredam serangan Borneo FC.

Memasuki lima menit akhir pertandingan babak kedua, baik Borneo FC maupun PSM Makassar bermain lebih terbuka. Keduanya memiliki peluang, namun belum ada yang bisa menggetarkan gawang lawan. Hingga peluit akhir ditiup wasit Asep Yandis, kedudukan tidak berubah 2-2.

Susunan pemain:

Borneo FC – Angga Saputro, Irsan Rahman Lestaluhu, Javlon Guseynov, Komang Teguh Trisnanda, Andika Kurniawan, Muhammad Ilham, Hendro Siswanto, Muhammad Fajar Faturrahman, Sultan Samma, Terrens Owang Priska Puhiri, dan Nke Ondoua Guy Junior.

Pelatih: Mario Gomez

PSM Makassar – Hilman Syah, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Arfan, Rasyid Assahid Bakri, Saldi, Sutanto, Zulham M Zamrun, dan Yakob Sayuri.

Pelatih: Syamsuddin Batolla 

 


Sumber : (1):

admin

Read Previous

Kompolnas Duga Serangan ke Mabes Polri Terkait Penggerebekan Teroris

Read Next

Pengunjung tanggapi ketatnya protokol kesehatan di bioskop Pekanbaru

Tinggalkan Balasan