Penjualan di Pasar rakyat Tasikmalaya naik 4 kali berkat e-commerce

Jakarta ((AJ)) – Penjualan di Pasar Cikurubuk yang menjadi ikon pasar tradisional digital pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat meningkat sebanyak 4 kali lipat berkat penerapan penjualan daring lewat e-commerce yaitu Tokopedia.

Digitalisasi pasar itu dilakukan oleh Tokopedia sejak awal pandemi di Indonesia, tepatnya pada April 2020 dengan menggandeng Koperasi Pemasaran Pedagang Pasar Cikurubuk (KP3C) untuk sosialisasi.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia, perlahan jumlah pesanan di Pasar Cikurubuk Online mulai naik hingga lebih dari empat kali lipat dibandingkan sebelumnya,” ujar Ketua Himpunan Pedagang Kota Tasikmalaya (HIPPATAS) Achmad Jahid dalam keterangan yang diterima (AJ), Jumat.

Achmad menyebutkan ada sekitar 100 pedagang yang telah merasakan manfaat dari penerapan teknologi daring dalam usaha menjual kebutuhan sehari-hari lewat Tokopedia.

Peningkatkan penjualan didapatkan para pedagang karena diajarkan oleh para pengurus koperasi untuk menggunakan fitur- fitur promosi yang disediakan oleh aplikator besutan anak bangsa itu.

Beberapa di antaranya pemasaran lewat TopAds, pemberian ongkos kirim gratis, dan mengikuti kampanye untuk pengguna baru lewat “Karnaval Pengguna Baru”.

Selain di Pasar Cikurubuk, penerapan teknologi untuk penjualan daring juga dirasakan di pasar lainnya di Jawa Barat yaitu Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka.

Assistant Manager Koperasi Konsumen Pedagang Pasar Raja Cicalengka Ridzky Alfaridzi mengatakan berkat platform daring yang menginisiasi interaksi dengan para pedagang di Pasar Rakyat, pedagang di Pasar Sabilulungan pun mengalami kebangkitan usai sempat lesu penjualannya akibat COVID-19.

 
Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka juga menjadi salah satu pasar tradisional yang terus menggerakan perekonomian daerah di tengah pandemi melalui digitalisasi dengan berkolaborasi bersama Tokopedia. ((AJ)/HO/Tokopedia)

Sama seperti Pasar Cikurubuk, sudah ada 100 pedagang yang menggunakan platform daring di Pasar Sabilulungan untuk memasarkan dagangannya.

READ  14 Tahanan Positif Covid-19, Ini yang Dilakukan KPK

“Selama kuartal 1 tahun 2021, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka telah mencacatkan peningkatan jumlah pesanan hingga lebih dari 2x lipat,” tambah Ridzky.

Dengan misi membantu para pegiat usaha di Indonesia, Tokopedia mengedepankan inisiatif hyperlocal yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha dapat dilakukan pedagang lokal lewat pemanfaatan teknologi.

“Digitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu wujud inisiatif hyperlocal Tokopedia. Pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka adalah contoh pasar tradisional yang merasakan dampak positif dari digitalisasi pasar melalui Tokopedia di Jawa Barat,” kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho.

Tokopedia pun berkomitmen untuk terus mendorong digitalisasi pasar sehingga membantu program pemulihan nasional akibat COVID-19.

“Kami akan terus berupaya mempercepat adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pasar tradisional demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata Trian.


Sumber : (1):

admin

Read Previous

Ramalan Zodiak 3 April 2021: Lagi Mudah Emosi, Scorpio Jangan Cari Masalah

Read Next

Jelang MotoGP Doha, Francesco Bagnaia Hadapi Dilema Strategi

Tinggalkan Balasan