Onno Purbo Raih Postel Award, Anugerah Kelas Dunia di Bidang Internet

Asaljeplak.my.id –Pakar Teknologi Informasi (TI) Indonesia Onno Purbo berhasil meraih anugerah tertinggi dan bergengsi tingkat dunia di bidang internet yakni Postel Award.

Presiden dan CEO Internet Society Andrew Sullivan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (18/11/2020) menyatakan Onno Purbo terpilih dari sejumlah kandidat lain dari berbagai negara setelah mendapatkan suara mayoritas dari anggota komite Postel Award.

“Onno Purbo diapresiasi atas sejumlah prestasi dan kiprahnya dalam mengembangkan infrastruktur internet, serta menghadirkan akses internet nirkabel berbiaya murah secara inklusif atau bermanfaat bagi orang banyak,” kata Andrew Sullivan.

Onno Purbo sendiri mengungkapkan rasa syukurnya dan menganggap Postel Service Award sebagai upayanya untuk menunjukkan bahwa dalam segala keterbatasan yang ada, bangsa Indonesia justru mampu menampakkan kreativitasnya.

Baca Juga:
4 Jenis Layanan Internet Indonesia Ini Alami Peningkatan Selama Pandemi

“Kita menjadi bangsa yang bisa memberi solusi, yang ‘out of the box’ dalam mengatasi berbagai persoalan, dan sangat layak untuk dijadikan contoh. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa bangsa kita patut dihargai oleh dunia,” kata Onno seperti dilansir dari Antara.

Onno yang selama ini berkiprah sebagai salah satu pakar XecureIT, menerima anugerah Postel Award pada 11 November 2020 dalam ajang 2020 Postel Service Award yang diadakan secara virtual oleh Internet Society, dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny Plate.

Mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menkominfo menyampaikan apresiasinya bahwa Indonesia bangga atas penganugerahan Postel Award yang sangat bernilai kepada salah satu putra terbaik bangsa Onno Purbo.

Onno Purbo juga dihargai akan upayanya dalam literasi internet di Indonesia bahkan hingga ke negara lain. Lelaki kelahiran Bandung, 17 Agustus 1962, selama ini dikenal rajin membagikan ilmunya dan melayani pertanyaan/masalah terkait internet di media sosial bahkan buku-buku dan tulisannya bisa diunduh gratis oleh siapapun.

Alumnus ITB ini kerap hadir dalam berbagai undangan acara sesuai keahliannya, mulai dari sekolah, kampus, komunitas, hingga lembaga pemerintahan.

Baca Juga:
Ini Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2020 per Provinsi

Gildas Deograt Lumy dari XecureIT, yang bersama Onno Purbo merintis kedaulatan siber melalui aplikasi Palapa, menyatakan bangga dengan prestasi Onno Purbo.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Gubernur Khofifah harapkan Muhammadiyah konsisten jaga cerahkan umat

    Read Next

    CEK FAKTA: Benarkah Indonesia Tawarkan Pangkalan di Natuna untuk AS?

    Tinggalkan Balasan