• September 27, 2020

MPV Laris Jadi Ambulans COVID-19, Dinkes Bangka Distribusikan 12 Unit

Asaljeplak.my.id –Masa pandemi COVID-19, sektor permintaan kendaraan kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) di pasar otomotif Nasional mengalami kenaikan. Utamanya dialokasikan sebagai mobil ambulans. Contoh terbaru bisa disimak dari 12 unit mobil khusus yang menjadi ambulans pasien virus Corona jenis baru. Kendaraan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini akan segera didistribusikan ke sejumlah puskesmas di daerah itu.

Dikutip dari kantor berita Antara, setelah pihak Bappeda selesai melakukan pemeriksaan dokumen administrasi, ambulans ini siap diantar ke lokasi-lokasi pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas.

Adapun peruntukannya adalah sebagai upaya peningkatan pelayanan pasien COVID-19 yang hendak dirujuk ke rumah sakit maupun di karantina.

“Belasan mobil ambulans COVID-19 yang menelan anggaran lebih dari Rp2 miliar akan dibagikan ke 10 puskesmas dan dua unit di pelayanan gawat darurat “Public Safety Center” (PSC) 119 Kecamatan Sungailiat dan di Kecamatan Puding Besar,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti di Sungailiat, Kamis (10/9/2020).

“Pembelian mobil ambulans diperlukan karena yang ada di masing-masing puskesmas dalam kondisi fisik sudah kurang layak pakai,” pungkasnya.

Berbincang tentang ambulans dan kebutuhannya yang mendesak dalam masa pandemi COVID-19, para produsen seperti Toyota Indonesia, Suzuki, dan Wuling Motor telah menyiapkan unit untuk dikonversi  sebagai mobil khusus pengangkut pasien.

Berikut tautan tentang beberapa ambulans yang telah dihasilkan manufaktur otomotif di Tanah Air.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

1. Kijang Innova Ambulance, Modifikasi Buat Bantu Tenaga Medis

READ  Vaksin COVID-19 Buatan Sinopharm Siap Digunakan Akhir 2020

Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menunjukkan ambulans karya Toyota Indonesia bagi langkah melawan Covid-19 kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan [Dok PT TMMIN].Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menunjukkan ambulans karya Toyota Indonesia bagi langkah melawan Covid-19 kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan [Dok PT TMMIN].

Pandemi Covid-19 menuntut kolaborasi yang baik antara semua elemen masyarakat. Sebagai wujud peran aktif produsen otomotif, Toyota Indonesia menyerahkan donasi empat unit Kijang Innova ambulance kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    5 Gaya Seleb ke Pasar Tradisional, Salmafina Sunan Pakai Daster Tipis

    Read Next

    Anies Terapkan PSBB, Menko Airlangga Singgung Gas Rem

    Tinggalkan Balasan