Mentan dan Menko PMK Lepas Ekspor Komoditas Tani Senilai Rp220,4 Miliar

Asaljeplak.my.id –Pemerintah melepas ekspor komoditas pertanian senilai Rp220,4 miliar di Terminal Kontainer Jakarta Internasional (JICT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Dua menteri, yaitu Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Efendi dan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo melakukan seremoni ini.

“ Saya berharap, ekspor pertanian ini dapat bersinggungan langsung dengan seluruh kalangan masyarakat hingga ke petani, sehingga otomatis dapat ikut menentaskan kemiskinan, “ ujar Muhadjir, Jakarta, Jumat (2/4/2021).

Komoditas pertanian yang diekspor terdiri dari 72 jenis, dengan total volume 7,1 ribu ton menuju 41 negara sekaligus.

Mentan, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri PMK, Muhadjir Effendy, melepas ekspor di Jakarta, Jumat (2/4/2021). (Dok : Kementan)Mentan, Syahrul Yasin Limpo dan Menko PMK, Muhadjir Effendy, melepas ekspor di Jakarta, Jumat (2/4/2021). (Dok : Kementan)

Muhadjir menambahkan, kehadirannya dalam acara ini adalah memastikan bahwa yang dilakukan Mentan dan jajarannya merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam upaya mengangkat harkat martabat masyarakat Indonesia, khususnya petani.

Baca Juga:
Tegas, Kementan Tak Setuju Ide Airlangga Soal Impor Beras

Senentara itu Syahrul mengatakan, kehadiran Menteri PMK dalam ekspor komoditas pertanian menjadi momentum positif dalam menjaga kinerja pembangunan dan ekspor pertanian, khususnya dalam masa pandemi yang masih berlangsung.

“Hari ini kita memastikan bahwa hadirnya Menko PMK di sini merupakan bagian dari tugas negara dan perintah presiden, bahwa seluruh menteri dalam kabinet harus dapat bekerja sama dengan baik dan berusaha mengoptimalkan semua langkah untuk mengawal kepentingan bangsa,” katanya.

Syahrul menambahkan, keberhasilan ekspor komoditas pertanian membuktikan bahwa Indonesia sangat kaya dengan beragam komoditas.

“Produk pertanian kita dibutuhkan dunia. Peluang untuk terus berinovasi dalam produk pertanian, bisa memenuhi kebutuhan negara lain. Di saat keterbatasan akibat pandemi Covid-19, seluruh insan pertanian, termasuk yang berada di DKI Jakarta dan daerah sekitarnya, tetap bekerja dan berproduksi, saya sangat mengapreasi,” katanya.

READ  Rektor IPB : Soal Ketahanan Pangan, Indonesia Unggul dari Negara Lain

“ Keberhasilan ekspor komoditas pertanian yang dilakukan hari ini dapat menjadi bukti bahwa produk pertanian Indonesia selalu hadir dan dibutuhkan hingga ke pasar dunia,” tambahnya.

Baca Juga:
Jamin Stok Beras Nasional, DPR Minta Perum Bulog Bersinergi dengan Kementan

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil, yang juga hadir dan mendampingi secara teknis menjelaskan, terdapat ragam komoditas baru yakni pakan hewan kesayangan sebanyak 15 ton senilai Rp 891,8 juta, dengan tujuan India.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Berniat rayakan April Mop, VW justru dihujat netizen

    Read Next

    Kemarin, Presiden sanjung Mathla’ul Anwar hingga Lukas Enembe ke PNG

    Tinggalkan Balasan