Mengenal Sejarah Diwali, Festival Cahaya Umat Hindu

Asaljeplak.my.id –Setiap tahunnya sekitar Oktober dan November, umat Hindu di seluruh dunia merayakan Diwali, atau Deepavali. Diwali dikenal dengan festival cahaya yang telah berlangsung lebih dari 2.500 tahun.

Tahun ini, Diwali jatuh tepat hari ini, Sabtu, 14 November. Di India, perayaan lima hari secara tradisional menandai hari libur terbesar dalam setahun.

Dilansir dari History, seperti banyak festival Hindu lainnya, tidak hanya ada satu alasan untuk merayakan liburan lima hari.

Seorang profesor antropologi, filsafat, dan agama di University of North Texas, Pankaj Jain, mengatakan bahwa perayaan kuno terkait dengan banyak cerita dalam teks agama, dan tidak mungkin untuk mengatakan mana yang lebih dulu, atau berapa lama Diwali dimulai.

Baca Juga:
Tak Cari Untung, Perjuangan Inem Jalankan Sanggar Tari di Tengah Pandemi

Beda Perayaan Diwali dan Festival Holi. (Pixabay/Unsplash/Debashish Biswas)Beda Perayaan Diwali dan Festival Holi. (Pixabay/Unsplash/Debashish Biswas)

Banyak dari cerita-cerita ini berkaitan dengan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Di India utara, kisah umum yang terkait dengan Diwali adalah tentang Raja Rama, salah satu inkarnasi dewa Wisnu.

Ketika seorang raja jahat di Lanka (yang diasosiasikan beberapa orang dengan Sri Lanka) menangkap istri Rama, Sinta, dia “membangun pasukan monyet” untuk menyelamatkannya, kata Jain.

Para monyet “membangun jembatan dari India ke Sri Lanka, dan mereka menyerang Sri Lanka dan membebaskan Sita dan membunuh raja jahat itu,” katanya.

Saat Rama dan Sita kembali ke utara, “jutaan lampu disebar ke seluruh kota Ayodhya hanya untuk membantu mereka kembali ke rumah, hanya untuk menyambut mereka”. Lampu penerangan telah lama menjadi salah satu cara umat Hindu merayakan Diwali.

Di selatan, Diwali secara populer dikaitkan dengan sebuah cerita tentang dewa Hindu Krishna, inkarnasi Wisnu yang berbeda, di mana ia membebaskan sekitar 16.000 perempuan dari raja jahat lainnya.

Baca Juga:
Beragama Hindu, Wanita Ini Kenakan Hijab Hingga Lulus Jadi Dokter

Di negara bagian barat Gujarat, Tahun Baru bertepatan dengan Diwali (ada beberapa Tahun Baru di seluruh India), dan Diwali dikaitkan dengan meminta kemakmuran dewi Lakshmi di tahun mendatang. Selama festival, banyak penyelenggara bertukar hadiah dan koin.

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita ini telah terbit pertama kali di SUARA

    admin

    Read Previous

    Sergio Ramos di Ambang Pecahkan Rekor Eropa, Apa Itu?

    Read Next

    Digitalisasi UMKM, langkah besar songsong kebangkitan ekonomi

    Tinggalkan Balasan